DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pelaku Karhutla Diancam 10 Tahun Penjara

Kapolres Pimpin Langsung Pemadaman Karhutla di Inhu

Editor : Jumat,23 Januari 2015 | 02:01:50 WIB
Kapolres Pimpin Langsung Pemadaman Karhutla di Inhu Ket Foto : Kapolres Inhu AKBP.Ariwibowo,Sik melakukan pemadapan api atas lahan yang terbakar di Desa Rawa Bangun Kecamatan Rengat

PELITARIAU, Rengat - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau mendapat tanggapan serius dari jajaran kepolisian, Selasa (20/1) kemarin, ternyata tim Karhutla dari kepolisian dengan jumlah 50 personil dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu AKBP Ariwibowi Sik, memadamkan api di lahan terbakar desa Rawabangun Kecamatan Rengat.

Selain Polisi, warga setempat juga bercibaku membantu Polisi dalam memadamkan api diatas lahan sekitar 2,5 Haktare milik salah satu warga setempat. tidak diketahui pasti sumber api namun diduga lahan sengaja dibakar oleh orang tak dikenal.

Sedikitya saat itu, Polisi menditeksi 7 hotspot (titik panas,red) di wilayah Kabupaten Inhu, sejumlah personil dibagi beberapa bagian untuk melihat langsung titik panas yang terpantau hotspon.

Kasat Resrim Polres Inhu Ajun Komisaris Polisi Taufik Suardi kepada pelitariau.com menjelaskan, kalau pelaku karhutla akan diancam hukuman maksimal 10 tahun penjara yang diatur dalam UU nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

"Kemarin tim pemadaman Karhutla dari kepolisian dipimpin langsung oleh pak Kapolres, bersama personil pemadaman Karhutla dibantu oleh warga setempat dengan menggunakan peralatan seadanya," kata Polisi yang pernah menjabat Panit I Unit 2 Subdit III Ditreskrimsus Polda Riau ini.

Dijelaskannya, Sejak cuaca exstrim kemarin, Polres Inhu melakukan patroli ke sejumlah loksi hotspot, saat patroli ditemukan seorang pelaku yang sedang melakukan pembakaran lahan. "kita sudah tetapkan satu pelaku sebagai tersangka Karhutla di Inhu," jelasnya.

Dijelaskannya, Polisi tetap akan mendatangi secara cepat hotspot yang terpantau oleh satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA). "Kita ada tim khusus di Polres Inhu yang memantau titik panas setiap harinya, kalau terindikasi Karhutla maka, kita akan mengambil tindakan, selain memadamkan api proses penyidikan juga dilakukan," ujar Mantan Kapolsek Kecamatan Pasirpenyu ini.***Red

Penulis : Muhammad Anshori

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved