DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

LAM-R Inhu : Pemkab Gagal Tetapkan Desa Adat

Editor : Rabu,21 Januari 2015 | 02:56:00 WIB
LAM-R Inhu : Pemkab Gagal Tetapkan Desa Adat Ket Foto : Ketua LAM-R Kabupaten Inhu H Zulkifli Gani didampingi sekretarisnya Alifahmi berfoto bersama dengan ketua LAM-R Kecamatan se-Kabupaten Inhu

PELITARIAU, Rengat - Dalam Rapat pimpinan (Rapim) Lembaga Adat Melayu (LAM-Riau) Kabupaten Inhu Sabtu (17/1) kemarin terungkap, kalau Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) sudah gagal menetapkan desa adat di Kabupaten Inhu.

Berbagai peroalan adat dan persoalan budaya sosial dibahas dalam Rapim LAM-R Kabupaten Inhu tahun 2015, selain membahas tahun Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) LAM-R Inhu juga membahas tentang kegagalan Pemkab Inhu menetapkan desa adat di Inhu sesuai dengan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa adat.

Rapim yang dihadiri ketua LAM-R Kecamatan se-Kabupaten Inhu, berjalannya dipimpin langsung dipimpin oleh Ketua LAM R Inhu H Zulkifli Gani dan didampingi sekretarisnya Alifahmi.

Sekretaris LAM-R Kabupaten Inhu Alifahmi sebagai pemateri dalam Rapim tersebut menyampaikan, banyak persoalan yang merugikan adat serta kebudaya di Kabupaten Inhu, salah satunya persoalan mengusulkan desa adat yang sudah ada aturanya untuk ditetapkan sebagai desa adat oleh pemerintah pusat.

kata Alifahmi, Inhu memiliki sejarah yang sangat panjang, sebelum Inhu terbentuk Indragiri adalah nama lain dari daerah Inhu, Inhil dan Kuansing yang saat itu masih bergabung di bawah kepemimpinan Raja-raja dan kesultanan.

"Banyak desa di Inhu yang layak diusulkan sebagai desa adat, namun, Pemerintah daerah tidak mengusulkan pembentukan dan pembahasan desa adat di Inhu," kata Alifahmi.

Alifahmi menjelaskan, desa adat adalah, desa yang memiliki otonomi tersendiri, Desa adat dalam melaksanakan pemerintahan dibiayai langsung oleh pemerintah pusat serta dibenarkan mendapatkan biaya dari Pemerintah Kabupaten. "Desa adat di Inhu akan mudah maju, jika ditetapkan oleh pemrrintah pusat namun tetap melalui usulan pemerintah Kabupaten," kata Alifahmi.***

Penulis Ramdana Yudha

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved