DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Pimpin Rakor Bersama Unsur Muspida

Jamin Situasi Kamtibmas Meranti Hingga Pergantian Tahun

Editor : Senin,29 Desember 2014 | 07:02:00 WIB
Jamin Situasi Kamtibmas Meranti Hingga Pergantian Tahun   Ket Foto : Bupati Kep. Meranti

PELITARIAU, Selatpanjang-Menjamin situasi keamanan dan ketertiban diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemda Kabupaten yang dipimpin Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan Msi, menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), bertempat di Hotel Grand Meranti, Selatpanjang, Senin (29/12).

 

Turut hadir dalam Rakor seluruh instansi terkait, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP. Pandara, Kacabjari Meranti Muchlis, Kodim 0303 Bengkalis, Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, Asisten, Kepala Badan/Dinas, Kepala PLN Cab. Meranti Asmardi, Camat dan perwakilan Instansi vertikal lainnya.

 

Dalam rapat tersebut beberapa masalah krusial mengemuka, seperti dikemukakan oleh Kapolres Meranti AKBP. Pandra, dimana pihaknya bersama instansi terkait telah menggelar Operasi Lilin 2014 sejal 23 Desember hingga 2 Januari 2015 mendatang. "Malam Misa lalu berjalan dengan aman, saat ini menghadapi tahun baru kami lebih fokus pada aspek kemanusiaan,"ujar Kapolres.

 

Yang dimaksut aspek kemanusiaan mengantisipasi segala potensi Kamtibmas mulai dari terorisme, seperti Isu ISIS yang mulai berkembang. Pihak keamanan akan melakukan mengamankan di titik-titik objek fital mulai dari pusat keramaian, perbelanjaan, peribadatan, rekreasi dan wisata serta perumahan penduduk yang ditinggalkan yang berada di 3 pulau besar. "Kami pusatkan di pelayanan transportasi seperti pelabuhan Tj. Harapan, Taman Cik Puan yang siap beroperasi 24 jam,"ucap Kapolres.

 

Kapolres juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membakar petasan yang berpotensi terjadinya kebakaran. "Kami akan sosialisasikan kepasa warga jangan melakukan hiburan yang berlebihan dan membakar petasan untuk mengantisipasi kebakaran,"papar Kapolres lagi.

 

Sementara dari pihak Kodim 0303 Bengkalis siap melakukan pengamanan dan pengawasa arus penduduk masuk dan pergi melalui pelabuhan yang tidak terlalu ketat pemeriksaanya. 

 

Laporan yang diberikan dari 3 Kecamatan yang rawan terjadinya gangguang Kamtibmas seperti Kecamatan Selatpanjang, Tj. Belitung dan Kecamatan Rangsang situasi Kamtibmas berjalan aman. Termasuk arus penumpang yang memanfaatkan transportasi laut melalui pelabuhan setempat.


 

Syahbandar yang disampaikan Ali Imran, pihaknya bersama instansi terkait telah melakukan pengawasan arus kedatangan dan pergi khususnya jelang Imlek dan tahun baru 2015 yang melalui pelabuhan bekerjasama dengan Kepolisian , TNI, Dishub, Satpol PP. Dengan 7 lapis pengamanan mulai dari kedatangan di pelabuhan sampai keluar.

 

Dari pihak Pelindo guna menjamin kenyamanan penumpang berjanji akan melakukan penambahan Ponton. Namun hingga saat ini belim dapat direalisasikan karena proses administrasi yang panjang, direncanakan tri wulan pertama 2015 terealisasi.

 

Masalah tarif tetap transportasi masal seperti ojek dan becak turut menjadi perhatian Bupati Irwan yang meminta Dishub untuk segera berkoordinasi untuk menetapkan tarif tersebut. "Masalah tarif ojek harus segera ditetapkan sepaya tidak terjadi lagi tawar-menawar, kalau bisa ditempelkan,"ucap Bupati.

 

Terkait Elektrifikasi terutama saat malam pergantian tahun dan Imlek, Bupati meminta PLN menjamin listrik tidak padam karena berkaca pada tahun lalu saat listrik padam hampir terjadi bentrok masa. "Ini dapat memicu konflik SARA, untuk itu saya meminta PLN untuk menjamin lostrik tidak pada,"ujar Bupati.

 

Menyikapi itu, Kepala PLN Cabang Kabupaten Meranti berjanji akan mengupayakannya.

 

Terkait ketersediaan sembilan bahan pokok (Sembako) dan BBM di Kabupaten Kepulauan Meranti, seperti dikatakan Kadisperindag, harga delatif stabil begitu juga dengan stok beras, gula dan lainnya. Cuma yang menjadi masalah pada stok BBM yang cenderung meningkat, namun ia berjanji akan meminta penambahan kepada Pertamina.

 

Masalah masuknya buah-buahan impor untuk perayaan Imlek turut menjadi perhatian Bupati dengan meminta pihak Karantina melakukan pengawasan. Sejauh ini seperti disampaikan Andri Perwakilan Badan Karantina Kabupaten Kepulauan Meranti, Andri, mengatakan sejauh ini dari pengawasan pihaknya buah-buahan yang masuk sudah diuji dan aman.

 

Terakhir, Wakil Ketus DPRD Meranti yang turut hadir mengucapkan apresiasinya atas komitmen Pemda Meranti dan jajatan serta instansi terkait dalam menjamin Kamtibmas jelang tahun baru 2015 mendatang. "Kami dari DPRD mengapresiasi dan berterima kasih kepada semua pihak dan mengharapkan saat tahun baru nanti kondisi Kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Meranti tetap terjaga. (Rls Humas Meranti/kor. nto)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved