DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

BCB Kolam Loyang Tak Terawat

ini Alasan Wisatawan Enggan ke Kolam Loyang

Editor : Sabtu,02 Agustus 2014 | 17:27:05 WIB
ini Alasan Wisatawan Enggan ke Kolam Loyang Ket Foto : Benda Cagar Budaya (BCB) Kolam Loyang di Desa Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tak terawat
PELITARIAU, RENGAT - Lokasi Benda Cagar Budaya (BCB) Kolam Loyang di Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, tidak didatangi wisatawan, baik lokal maupun wisatawan luar daerah tak terlihat pada perayaan hari raya Idul Fitri 1435 Hijiriah tahun 2014 ini. padahal di sejumlah lokasi bersejarah pada hari besar keagamaan menjadi tempat tujuan untuk menghabiskan waktu libur.
 
Lokasi kolam loyang yang mempunyai cerita unik tempat pemandian tujuh bidadari dari kayangan ini juga tidak terlihat dirawat, pagar kolam yang sudah lapuk, didalam kolam loyang juga terlihat dipenuhi tumbuhan lumut berwarna hijau. 
 
Kolam loyang yang terletak di Desa Kelayang itu seperti tidak memiliki tuan, padahal, lokasi kolam loyak di tetapkan sebagai BCB agar bisa dirawat, dipelihara dengan menggunakan biaya pemerintah serta ditunjuk seorang jurupembersih BCB Kolam loyang dengan biaya APBD berstatus honorer.
 
Kolam loyang berada di pusat desa Kelayang itu terlihat ada bangunan pendopo permanen pada bagian atas, namun di nding yang kumuh tidak di cat juga banyak tulisan dinding berserakan dengan menggunakan sepidol dan semprot pilot. saat pelitariau.com berwisata di kolam loyang pada Jum,at sore 01/08/2014 kemarin terlihat ada remaja lelaki yang sedang mendengarkan musik seraya sambil ketawa terbhak-bahak.
 
Tidak jauh dari kolam loyang ada sepasang remaja yang sedang asik ngobrol dari atas honda, ketika dihampiri pelitariau.com, remaja itu mengaku warga desa tetangga, mereka hanya singga berteduh namun tidak niat untuk bermain di kolam loyang sebab, kolam loyang katanya kumuh dan tidak terawat.
 
Dengan ramah remaja itu mengaku bernama Ivan dan Era, juga heran mengapa kolam loyang tidak dirawat dan diurus oleh pemerintah setempat. "kalau saja kolam loyang diurus pasti kami main ke situ (kolam,red), lokasinya lihat saja jorok dan mengerikan," ujar Era dan dibenarkan Ivan.
 
Setelah di telusuri pelitariau,com di lokasi BCB Kolam Loyang, ternyata kolam loyang memiliki juru kunci yang rumahnya berjarak 1,5 km dari kolam loyang namun sedang tidak berada dirumah saat pelitariau.com mencoba untuk konfirmasi mistik kolam loyang. "Ada juga rang tertentu mengantarkan sesajen ke lokasi kolam loyang," ujar salah satu warga yang namanya enggan disebutkan dalam berita. (cr.01)
    Bersambung, ke cerita tentang kolam loyang
Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved