DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemkab Bengkalis Targetkan 2015, Tidak Terjadi Bencana Karhutla

Editor : Senin,08 Desember 2014 | 22:51:27 WIB
Pemkab Bengkalis Targetkan 2015, Tidak Terjadi Bencana Karhutla Ket Foto : Ilustrasi @net.

PELITARIAU, Bengkalis - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menargetkan pada 2015, tidak terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) atau nihil adanya kebakaran lahan zero hotspot. Demikian ditegaskan Wakil Bupati Bengkalis Suayatno saat membuka rapat rencana kontijensi, Senin (8/12/14).

 

"Dari hasil rapat kontijensi ini, nantinya, akan menghasilkan rumusan, agar upaya penanggulangan bencana dapat terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh,” ungkapnya. Untuk mencapai zero hotspot dibutuhkan komitmen dari masyarakat dan pihak pelaku usaha terutama pemilik konsensi bidang perkebunan maupun HTI, menjaga dan mengawasi lahan agar bebas kebakaran.

 

"Zero hotspot, juga dapat terwujud, jika masyarakat pemilik lahan menerapkan pola pembukaan lahan tanpa bakar," katanya lagi. Lanjut Suayatno, untuk memberikan pemahaman masyarakat agar menerapkan pola tanpa bakar itu mudah. Karena menyangkut pola pikir sebagian masyarakat menilai dengan cara itu cukup praktis dan ekonomis atau murah.

 

"Terpenting dalam pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan, penegakan hukum harus menjadi skala prioritas. Siapa pun yang melakukan pelanggaran dalam hal bencana kebakaran hutan dan lahan, baik itu perusahaan maupun perorangan, harus ditindak tegas, sesuai ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

 

Sementara itu, kegiatan rencana kontijensi berlangsung selama lima hari tersebut, diikuti oleh peserta sebanyak 40 orang. Setelah rapat rencana kontijensi, dilakukan gladi penanggulangan bencana yang membutuhkan 400 peserta. Seperti dilansir riauterkini.com.

 

Editorial : Ramdana Yudha

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI
shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved