DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Sebanyak 33 Guru PAI Pelalawan Ikuti Bimtek

Editor : Selasa,25 November 2014 | 08:23:00 WIB
Sebanyak 33 Guru PAI Pelalawan Ikuti Bimtek Ket Foto :

PELITARIAU, Kerinci- Sebanyak 33 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) ambil bagian dalam Bimtek yang digelar selama 3 hari full board, mulai 21-24 Nopember 2014 ini. Bimtek  tersebut berisi implementasi Kurikulum Pendidikan  Tahun 2013 dan Bimbingan Teknis Kurikulum PAI SD, SMP, SMA/SMK Tahun 2014.


Bimtek ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pelalawan Drs H Zulkifli. Di kesempatan itu, Zulkifli mengatakan. Bimtek implementasi kurikulum 2013 dimaksudkan agar para guru PAI yang ada di daerah ini mengenal bagaimana bentuk dan karakter pada Kurikulum 2013. 

"Disamping itu juga karena kurikulum ini adalah baru maka guru perlu mengetahui bagaimana konsep pembelajaran yang ada didalamnya. Apakah sama dengan kurikulum sebelumnya atau tidak. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar, menghasilkan output kegiatan sesuai dengan yang diharapkan yakni para guru dapat mengimplementasikan kurikulum 2013 di  sekolahnya masing-masing," paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara DR H Edi Iskandar, S.Ag, M.Pd yang juga sehari-hari menjabat sebagai Kepala Seksi Pendidikan Islam mengungkapkan, Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 PAI adalah untuk memberikan pemahaman tentang rasional Kurikulum 
2013 PAI,  memberikan pemahaman tentang elemen perubahan kurikulum KPTSP dengan Kurikulum 2013, memberikan pemahaman tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD).

"Kemudian memberikan pemahaman tentang model perancangan pembelajaran PAI, pemahaman kepada guru PAI tentang strategi implementasi Kurikulum 2013, penerapan konsep scientific approach dan authentic assesment sesuai  tuntutan kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan tujuan terakhir memmeberikan pemahaman tentang praktik pembelanjaran terbimbing," ujarnya. 
 
Dikatakan Edi yang juga Ketua MDI Kabupaten Pelalawan ini, Bimtek yang dilaksanakan selama 3 hari Full Board (21-24 November 2014) dengan jumlah Jam Pelajaran 36 JPL dengan materi kegiatan meliputi, perubahan Mind set peserta, Konsep Kurikulum 2013, Rasionalisasi kurikulum 2013, elemen perubahan, SKL, KI dan KD, Strategi implementasi, Konsep Pendekatan Scientific, Model pembelajaran, Konsep Penilaian autentik pada proses dan hasil belajar, penyusunan RPP, Perancangan penilaian autentik, simulasi pembelajaran, peer teaching, pendampingan, pre tes dan post tes.

"Bimtek kali ini diikuti 33 guru PAI se Kabupaten Pelalawan yang terdiri dari 16 guru PAI SD, 5 guru PAI SMP, 5 guru PAI SMA, 6 guru PAI SMK dan 1 pengawas PAI," katanya. 

Narasumber pada kegiatan ini, Seksi Pendidikan Islam Kantor Kemenag Pelalawan menghadirkan LPMP Provinsi Riau yang sudah memiliki sertifikat sebagai TOT Instruktur Nasional Kurikulum 2013 yakni Nazri, S.Th.I, Amrullah, M.PdI, disamping narasumber dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau yang sekaligus melakukan monitoring keberhasilan program bimtek. (kor. htl)
 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved