DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Populasi Burung Khas Riau Terancam Punah

Editor :Andri Winata Rabu,13 Maret 2019 | 09:12:54 WIB
Populasi Burung Khas Riau Terancam Punah Ket Foto : Keterangan foto: Salah seekor burung serindit yang sudah mulai punah dan sulit dijumpai di Kabupaten Pelalawan, Rabu (13/03/2019).jpg

PELALAWAN,PELITARIAU.COM - Populasi burung langka seperti Serindid, Punai dan Calobri ninja (conin) di Provinsi riau khusunya di kabupaten pelalawan sudah mulai susah di jumpai dan semakin mengkhawatirkan.Untuk mendapatkan populasi burung tersebut hanya satu ekor saja. Itu pun hanya di daerah-daerah tertentu. Belum lagi jenis burung-burung khas Riau lainnya diindikasikan populasinya semakin sedikit.

Aryo (38) salah satu pencinta dan pemerhati burung langka Pangkalan Kerinci saat ditemui Pelitariau.com dikediamannya, Rabu (13/3/2019) mengaku tertekannya populasi burungburung tersebut akibat kondisi alam dan lingkungan yang tidak representatif lagi.

Selain itu, perambahan hutan secara massal dan besarbesaran untuk kepentingan pertambangan dan perkebunan membuat areal hidup ratusan jenis burung semakin sempit. " Ditambah lagi dengan minimnya usaha reboisasi dari pelaku dan perambah alam dalam mengembalikan situasi lingkungan ke kondisi awal,"terangnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan pola hidup burung seperti Serindid, Conin dan Punai sangatlah sensitif. Reproduksi mereka tidaklah sebaik jenis burung lainnya. Telur yang dihasilkan tak lebih dari tiga buah, sementara itu seperti burung conin sendiri setiap hari burung jenis ini terus diburu dan terkadang banyak yang mati di tengah alam.

" Kita berharap pemerintah bisa memperhatikan hal seperti ini, kalau dibiarkan lama kelamaan burung khas riau bisa punah dan sulit untuk dijumpai lagi," Ujarnya.***

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved