DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Ini Ceritanya Soal Tugu Patin, Inhu Penghasil Patin Sungai Terbesar di Riau

Editor :Yudha Sabtu,29 Desember 2018 | 16:29:40 WIB
Ini Ceritanya Soal Tugu Patin,  Inhu Penghasil Patin Sungai Terbesar di Riau Ket Foto : Tugu Ikan Patin

PELITARIAU, Inhu - Tugu Ikan patin yang berada di Simpang empat Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) merupakan ciri khas dan ikon suatu kebanggaan masyarakat Inhu dan bukti bahwa ikan patin pada masanya banyak di temui disepanjang perairan sungai Indragiri dan sangat banyak digemari masyarakat Riau. 

Sebagai gambaran, tugu ikan patin ini dibangun, memang banyak yang tidak tau, namun berdasarkan sejarahnya pada perairan sungai indragiri yang melintasi Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu, serta Kabupaten Kuantan Singingi banyak terdapat ikan patin dan menjadi sumber penghasil ikan patin sungai terbesar di Riau, namun saat ini ada dua jenis ikan patin yang terdapat di Inhu ikan patin sungai dan ikan patin kerambah. 

Demikian dikatakan Guru Sejarah SMA 2 Rengat Barat, Drs Mulyadi MSi, kepada pelitariau.com, Sabtu (29/12/2018) di Pematangreba menyebutkan, tugu ikan patin yang berada di simpang empat Kelurahan Pematang Reba merupakan suatu lambang kejayaan Kabupaten Indragiri Hulu yang memiliki sungai terpanjang di Inhu yang sumberdaya melambangkan ikan patin pada masanya. 

"Dari lambang tugu ikan patin tersebut kita dapat mengambil kesimpulannya yaitu menjaga kelestariannya dan juga menjaga kesinambungan habitat ikan patin sungai," jelasnya. 

Menurutnya, untuk menjaga kelestarian tersebut harus menjaga keseimbangan alam yang ada di perairan sungai Indragiri dan menjaga keseimbangan terhadap habitat ikan patin sungai serta wajib dikembangkan agar ikan patin sungai yang ada di Inhu dapat kembali berkembang di perairan sungai Indragiri. **Ydh

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved