DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kapolres Inhu Turun Gunung Kelokasi Konflik, Koordinasi Dengan PT BBSI Dan Warga

Editor :Fauzi Kamis,20 Desember 2018 | 22:20:40 WIB
Kapolres Inhu Turun Gunung Kelokasi Konflik, Koordinasi Dengan PT BBSI Dan Warga Ket Foto : Fhoto Kapolres Bincang Bincang Dengan Warga

PELITARIAU, Inhu - Kapolres Inhu Melalui Paur Humas kepada pelitariau.com mengatakan pada hari kamis tanggal 20 Desember 2018 sekira jam 15.30 Wib bertempat di Dusun IV Desa Talang Tujuh Buah Tangga Kec Rakit Kulim, Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S IK datang ke lokasi bentrok antara Pihak  PT BBSI dan Masyarakat Dusun IV Desa Talang Tujuh Buah Tangga. 

Kapolres di dampingi oleh Kasat Intelkam AKP M Ari Surya S SH, Kasat Binmas AKP Buha Siahaan, Kasat Reskrim AKP Febri S Ik dan Kapolsek Kelayang AKP Rinaldi Situmeang serta Gabungan Personil Polres dan Polsek Jajaran Polres Inhu.

Giat tersebut di hadiri juga oleh pihak Kecamatan Rakit Kulim yg diwakili oleh Kasi Trantib dan Pers Sat Pol PP, Babinsa, pihak perusahaan yg di wakili oleh kepala security Saudara Sinurat dan perwakilan dari masyarakat setempat.

Adapun tujuan kedatangan Kapolres Inhu dan rombongan tersebut untuk meredam agar tidak terjadinya konflik lanjutan antara pihak PT BBSI dengan masyarakat terkait pemutusan jalan yg dilakukan oleh pihak perusahaan pada hari Rabu tgl 19 Des 2018 kemaren.

Dalam kegiatan tersebut Kapolres Inhu dan rombongan melakukan pengecekan jalan yang diputus oleh pihak perusahaan sebanyak 3 (tiga) titik yg digali menggunakan alat berat jenis Exavator.

Selanjutnya Kapolres Inhu memberikan himbauan kepada Kepala Security dan karyawan perusahaan yg ada dilokasi agar pihak perusahaan menghentikan kegiatan yang akan menimbulkan gesekan dengan masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif, agar kedepankan musyawarah dan dialog dalam menyelesaikan permasalahan ini.

Menghimbau agar permasalahan ini diselesaikan secara hukum yang berlaku melalui sarana hukum yang ada, Jangan mengedepankan tindakan yang mengarah ke tindak pidana karna tidak akan menyelesaikan masalah dan merugikan perusahaan sendiri.

Agar pihak perusahaan dalam setiap kegiatannya berkoordinasi/memberitahukan kepada Kapolsek Kelayang guna mencegah hal hal yang tidak diinginkan, agar permasalahan ini dapat diredam hingga pileg dan pilpres supaya tidak dimanfaatkan oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

Agar Security dan Karyawan Perusahaan kembali ke mess guna menghindari terjadinya gesekan dilapangan antara pihak perusahaan dengan masyarakat, terkait laporan yang diterima oleh Polres Inhu dari masyarakat dan pihak perusahaan, pihak Polres Inhu akan memproses kedua laporan tersebut sesuai perundang - undangan yang berlaku dan menyarankan perusahaan untuk memperbaiki jalan yang diputus, ujar Bripka Pol Misran.

Adapun tanggapan Perwakilan pihak perusahaan atas himbauan kapolres Inhu akan tunduk dan mengikuti perintah pimpinan perusahaan terkait penghentian kegiatan, mematuhi aturan hukum yg berlaku dalam menyelesaikan permasalahan ini, ucap Sinurat.

Selanjutnya Kapolres mendatangi kelompok masyarakat Dusun IV Desa Talang Tujuh Buah Tangga dalam pertemuan menyarankan sebagai berikut.

1. Sudah menyampaikan kepada pihak perusahaan untuk menghentikan kegiatan.

2. Menghimbau kepada masyarakat agar bisa menahan diri sehingga tindakan anarkis seperti kemarin tidak terulang kembali.

3. Jika ada kegiatan yg dilakukan perusahaan agar tidak merespon kegiatan tersebut dengan tindakan yg melanggar hukum.

4. Akan mendorong permasalahan ini ke pemerintah daerah Kab. Inhu guna mencari solusi segera.

5. Apabila kedepan ada permasalahan seperti ini terjadi kembali agar masyarakat melakukan perekaman dan segera melaporkan ke Polsek Kelayang.

6. Menyampaikan kepada pihak perusahaan dan Pemda Kab. Inhu terkait akses jalan yg di putus oleh perusahaan.

7. Terkait laporan yg diterima oleh Polres Inhu dari masyarakat dan pihak perusahaan, pihak Polres Inhu akan memproses kedua laporan tersebut sesuai perundang - undangan yg berlaku.

Lanjut Paur lagi tanggapan Masyarakat Dusun IV Desa Talang Tujuh Buah Tangga terkait himbauan Kapolres Inhu mengucap terimakasih atas kedatangan Kapolres Inhu, meminta Kapolres agar memperbaiki akses jalan yang di putus oleh pihak perusahaan, meminta Kapolres agar menjamin keselamatan karena adanya tekanan dan ancaman penggusuran dari pihak perusahaan kepada masyarakat yang tinggal disekitar dilokasi.

Adapun tanggapan Kapolres Inhu terkait adanya ancaman dari pihak perusahaan kepada masyarakat Kapolres Inhu menjamin keamanan masyarakat yang tinggal dilokasi konflik dan Kapolres memerintahkan Kapolsek Kelayang untuk melakukan patroli rutin disekitar wilayah tersebut.

Giat selesai pada pukul 17.00 Wib, selama giat berlangsung situasi terdapat dalam keadaan aman dan terkendali serta stuasi di PT BBSI dalam keadaan aman dan kondusif, Pungkas Paur Humas.**

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved