DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Sempena Hari Jadi Kepulauan Meranti Ke 10 Bupati Resmikan Berbagai Fasilitas Kesehatan

Editor :Herman Kamis,20 Desember 2018 | 16:31:19 WIB
Sempena Hari Jadi Kepulauan Meranti Ke 10 Bupati Resmikan Berbagai Fasilitas Kesehatan Ket Foto : Bupati Meranti saat Resmikan Berbagai Fasilitas Kesehatan

PELITARIAU, Meranti - Hari jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-X yang jatuh pada tanggal 19 Desember 2018, semakin meningkatkan komitmen Pemerintan Daerah untuk terus memacu pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Wakil Bupati H. Said Hasyim, dengan meresmikan berbagai fasilitas kesehatan masyarakat mulai dari penyediaan alat kesehatan canggih hingga peresmian penggunaan gedung Puskesmas, Rabu (19/12/2018).

Turut bersama Bupati, Hj. Nirwana Sari Irwan, Mantan Gubernur Riau dan Politisi Senior H. Wan Abu Bakar, Anggota Komisi X DPR RI H. Jon Erizal, Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo, Kakanwil Kemenkum HAM Riau H. Muhammad Diah SH, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH, Kapolres Meranti AKBP. La Ode Proyek, Ka. Pengadilan Negeri Bengkalis, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Ketua LAM Riau H. Muzamil, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Roswita,  Ka. RSUD Meranti dr.  Ria, Pabung 0303 Bengkalis Mayor TNI Girsang, Kakan Kemenag Meranti H. Darwison M.Ag, Pimpinan Bank Riau-Kepri, Ketua MUI Meranti H. Mustafa.

Fasilitas kesehatan pertama yang dikunjungi dan diresmikan penggunaanya oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si adalah penggunaan alat kesehatan City Scan di RSUD Kepulauan Meranti, Selain itu juga alat Radiologi dan peralatan bedah dengan total anggaran Aspirasi Legislatif dari APBD Provinsi Riau sebesar 9 Miliar lebih.

"Apa yang kita lakukan hari ini merupakan perwujudan Visi dan Misi Kabupaten Kepulauan Meranti yakni bagaimana membuat masyarakat Meranti memiliki badan sehat, otak pintar, mandiri ekonomi, keimanan dan ketaqwaan terus meningkat dari waktu kewaktu," ucap Bupati.

Dan itulah menurutnya yang terus diperjuangkan dari tahun-ketahun, dan pada Hari Jadi Kepulauan Meranti Ke-X Tahun 2018 ini, atas dukungan dari Wakil Ketua DPRD Riau H. Sunaryo Fraksi PAN yang juga Dapil Meranti melalui dana Provinsi mendapat bantuan alat City Scan.

"Ini terwujud berkat dana aspirasi dari Wakil DPRD Riau H. Sunaryo melalui APBD Riau Budged Sharing dengan Pemerintah Kepulauan Meranti, harapan kita dengan telah adanya alat City Scan ini dapat membantu masyarakat dalam menjaga kesehatannya," ujar Bupati Irwan.

Lebih dari itu pengadaan alat canggih ini juga untuk mengatasi banyaknya pasien-pasien yang dirujuk kerumah sakit diluar Meranti. Yang pastinya akan mengeluarkan biaya ekstra untuk berobat. 

"Mudah-mudahan ini bermanfaat dan Visi Misi Kepulauan Meranti dapat terwujud menjadikan Meranti sebagai kawasan niaga yang maju dan unggul dalam tatanan masyarakat yang mada i," jelas Bupati.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau H. Sunaryo mengatakan, apa yang dilakukannya itu adalah sesuai dengan sumpah dari anggota DPRD untuk senantiasa memperjuangkan aspirasi masyarakat khususnya di Dapil Meranti yang menjadi konstituennya. 

"ini sudah menjadi kewajiban kami menjadi anggota dewan, semoga alat kesehatan canggih yang tidak kalah dengan rumah sakit Provinsi ini bermanfaat bagi masyarakat Meranti," harapnya.

Sekedar informasi, dengan telah tersedianya alat kesehatan canggih ini, masyarakat yang membutuhkan pelayanan Scan dan bedah tidak perlu lagi jauh-jauh dirujuk ke Pekanbaru ataupun daerah lainnya. 

Apa yang telah dilakukan oleh Pemda Kepulauan Meranti itu, langsung mendapat apresiasi dari anggota Komisi XI DPR RI H. Jon Erizal M.BA, dikatakannya fasilitas yang dimiliki oleh RSUD Meranti saat ini tidak kalah dengan rumah sakit yang ada di Pekanbaru bahkan Jakarta.

"Nantinya kedepan saya dari DPR RI dan Pak Sunaryo dari DPRD Riau akan terus mendukung peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat ini, kedepan sinegri antara Legsilatif dan Pemda untuk pelayanan masyarakat akan ditingkatkan lagi," ungkap Jon Erizal.

Selain dari para Legislator, apresiasi yang besar juga disampaikan oleh Tokoh Meranti yang juga Gubernur Riau Periode 2008, H. Wan Abu Bakar. Diakuinya sejak berdirinya RSUD Meranti pada zaman Bengkalis lebih kurang 20 tahun lalu sudah banyak perkembangan. Baik peralatan canggih, ruangan yang representatif hingga ketersediaan tenaga kesehatan dokter spesialis yang semakin lengkap. 

"Ini pastinya akan mengurangi masyarakat Meranti yang berobat keluar, cukup di RSUD Meranti saja," ujarnya.

Wan Abu Bakar juga sempat mengomentari perkembangan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, dan ia berharap partisipasi semua pihak yang bersinergi dengan Pemerintah Daerah, ia meyakini Kabupaten Meranti akan menjadi Kabupaten yang maju  sesuai Visi dan Misi Meranti.

Selain meresmikan Alat Kesehatan, Bupati Kepulauan Meranti dan rombongan juga meresmikan penggunaan 2 Puskesmas Rawat Inap yang sangat representatif, Puskemas ini berada di Desa Alai Kecamatan Tebing Tinggi Barat dan Desa Alah Air Kecamatan Tebing Tinggi.

Kedua Puskesmas ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Kesehatan. Dengan rincian Puskemas Alai sebesar 2.3 Miliar dan Puskemas Alah Air sebesar 3.4 Miliar.

Menyikapi peresmian 2 Puskemas ini, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, berharap dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang menjadi salah satu tujuan utama dari Pemerintah Daerah.

"Mudah mudahan dengan peningkatan fasilitas kesehatan ini masyarakat Meranti menjadi bangga sebagai masyarakat Meranti," ungkapnya. 

Diinformasikan juga, dalam kegiatan peresmian alat kesehatan City Scan, Radiologi, serta peralatan bedah di RSUD Meranti, Bupati Irwan dan rombongan juga menyempatkan diri untuk kembesuk beberapa pasien yang tengah mendapat perawatan di RSUD Meranti. Kehadiran Bupati dan rombongan tampak memberikan semangat baru kepada pasien dan tak lupa Bupati mendoakan agar para pasien yang sedang dirawat diberikan kesembuhan.

Dalam peresmian Puskemas Alah Air dan Alai juga dihadiri oleh Camat Tebing Tinggi Barat H. Said Jamhur, Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si, Pejuang Meranti Hj.  Jalelawati, Kabag Kominfo Syaiful Ikram, Kepala Puskesmas Alah Air dan jajaran, Kepala Puskemas Alai, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dan lainnya. (Advertorial).

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved