DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meranti Rekam Data e-KTP Warga Binaan

Editor :Herman Kamis,29 November 2018 | 13:25:31 WIB
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meranti Rekam Data e-KTP Warga Binaan Ket Foto : Petugas Dulcapil saat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Meranti Rekam Data e-KTP Warga Binaan

PELITARIAU, meranti - Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, mendatangi Rutan Selatpanjang, dalam rangka jemput bola perekaman data KTP elektronik (e-KTP) terhadap warga binaan. Kamis (29/11/2018).

Terdapat 107 warga binaan yang rata-rata merupakan warga Kepulauan Meranti, melakukan perekaman e-KTP di dalam rutan tersebut.

"Kita sengaja melakukan jemput bola untuk memudahkan warga binaan memiliki e-KTP, karena kondisi warga binaan yang tidak bisa datang langsung ke Disdukcapil," kata Kabid Layanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kepulauan Meranti, Budi Hartoyo SE MSi.

Perekaman e-KTP yang dilakukan di Rutan Selatpanjang ini, lanjut Budi, juga atas permohonan dari pihak Rutan.

"Kami terus melakukan perekaman terutama bagi yang belum melakukan perekaman, seperti halnya hari ini kita lakukan di Rutan Selatpanjang," ujarnya.

Sebelumnya, sebut Budi, upaya memaksimalkan pelayanan pembuatan e-KTP di Kepulauan Meranti juga dilakukan Disdukcapil dengan mendatangi desa-desa. Bekerjasama dengan aparat desa, lalu menginformasikan kepada warga bagi siapa saja yang belum melakukan perekaman data e-KTP bisa langsung datang dengan membawa Kartu Keluarga (KK).

"Di Kepulauan Meranti, palingan tinggal sekitar enam persen warga yang belum merekam e-KTP. Itu pun belum jelas keberadaan mereka, apakah ada di Meranti atau di luar daerah," jelas dia.

Kegiatan perekaman e-KTP yang dilaksanakan Disdukcapil Kepulauan Meranti tersebut disambut baik pihak Rutan Selatpanjang. Kepala Cabang Rutan Selatpanjang, Rio Chaidir mengatakan, kegiatan ini sangat membantu terutama bagi para warga binaan.

Menurutnya, perekaman e-KTP yang dilakukan ini juga untuk mengantisipasi warga binaan tidak bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019 mendatang, dikarenakan tidak memilik e-KTP.

"Sangat membantu sekali, karena masih banyak warga binaan yang belum memiliki e-KTP," ujarnya.

Rio menyebutkan, tingkat partisipasi warga binaan di Rutan Selatpanjang untuk merekam e-KTP sangat tinggi. "Dari jumlah 185 warga binaan, tercatat 78 orang sudah merekam, sisa 107 orang inilah yang dilakukan pengecekan lalu direkam," ujarnya.* rls/adit

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved