DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bawaslu Inhu Gelar Sosialisasi Pengawas Pemilu Tahun 2019

Editor :Fauzi Kamis,15 November 2018 | 19:41:50 WIB
Bawaslu Inhu Gelar Sosialisasi Pengawas Pemilu Tahun 2019 Ket Foto : Fhoto Ketua Devisi Bawaslu Inhu dan Peserta Sosialisasi

PELITARIAU, Inhu - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kamis (15/11/2018) di Wisma Five Boy,s mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu tahun 2019.

Sosialisasi kali ini Narasumber dari Bawaslu Provinsi Riau, Bawaslu Kab Inhu dan Kapolres Inhu dan pesertanya dalam kegiatan tersebut sebanyak 50 orang terdiri dari perwakilan partai politik, media cetak, mahasiswa dan kepala sekolah

Dalam laporan panitia Sosialisasi memaparkan Dasar pelaksanaan dilakukan kegiatan ini bertumpu dengan peraturan Bawaslu dan UU no 7 tahun  2017 tentang tata kerja dan pola hubungan badan pengawas pemilihan umum, badan pengawas pemilihan umum provinsi dan panitia pengawas pemilihan umum Kab dan kota, panitia pengawas kecamatan, pengawas pemilihan lapangan, pengawas pemilihan umum luar negeri dan pengawas tempat pemungutan suara serta peraturan bawaslu nomor 21 tahun 2018 tentang pengawal penyelenggara pemilihan umum.

Tujuan kegiatan sosialisasi pengawasan pemilu tahun 2019 memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakan agar memahami aturan yang telah diberlakukan sesuai Undang Undang serta mewujutkan pemilu yang demokratis dan menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparasivdan akuntabilitas hasil pemilu, Jelasnya.

Bawaslu Provinsi Riau Gema Wahyu Dinata sebagai narasumber dalam sosialisasi mengatakan pada intinya sosialisasi sengaja digelar mengingat Pemilu 2019 tidak lama lagi, sejumlah tahapan perlu diketahui dan mendapat pengawasan dari Bawaslu dan Panwascam se- kab inhu.

"Panwascam juga harus menjalin komunikasi dengan bacaleg, agar tidak terjadi pelanggaran pemilu, baik yang dilakukan bacaleg maupun partainya," singkatya.

Senada dengan Ahmad Khaerudin Ketua Komisi Sengketa dan Sovia Warman Ketua Komisi Penindakan dan Pelanggaran ketika sosialisasi juga mengingatkan kepada masyarakat dan Panwascam agar meningkatkan pengawasan menjelang Pemilu 2019.

Apalagi agenda Pemilu 2019 terbilang padat karena akan digelar serentak pemilihan anggota DPRD, DPD, DPR, dan juga pemilihan presiden (Pilpres).

"Selain memahami tahapan, kita juga wajib memahami mekanisme penanganan pelanggaran pemilu yang akan digelar serentak pada 17 April 2019 mendatang," Jelasnya.

Kegiatan sosialisasi bawaslu kab inhu tahun 2019 sejak dimulai jam 08.00 wib berakhir jam14.30 wib berjalan aman dan terkendali.**

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved