DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat dari Kementerian di Desa Lukun Berjalan Lancar

Editor :Herman Selasa,09 Oktober 2018 | 12:40:53 WIB
Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat dari Kementerian di Desa Lukun Berjalan Lancar Ket Foto : Saat Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat dari Kementerian di Desa Lukun berlangsung

PELITARIAU, Meranti - Kepala Desa Lukun Kecamatan Tebingtinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti Lukman Ahmad membuka Pertemuan Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Tingkat Desa, Kades berharap melalui kegiatan ini dapat membentuk Lembaga LEM yang mampu menjadi motor penggerak usaha ekonomi Desa, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Lukun , ahad (7/10/18).

Hadir dalam kegiatan itu,dari kementerian yakni Pak Bahar dan Pak Susilo,dan juga Kabid Perkebunan Hultikultura dan dihadiri lebih kurang 200 orang.

Kegiatan Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Tingkat Desa tersebut, sebuah lembaga yang berorientasi terhadap kegiatan usaha tani yang terpadu dan terintegrasi ditingkat Nasional, merupakan program Ditjend Kementrian Pertanian RI yang dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau Tahun 2018 melalui tugas Pembantuan.

Kegiatan diawali dengan kegiatan sosialisasi tingkat Provinsi Riau terhadap dua Kabupaten terpilih yakni Kepulauan Meranti dan Indra Giri Hilir. Selanjutnya seleksi tim fasilitator Provinsi dan Kabupaten untuk dilakukan Bimbingan Teknis kepada Fasilitator yang telah direkrut. Terakhir barulah dilakukan pembentukan LEM di Kabupaten dan Desa.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi terhadap Lembaga Ekonomi Masyarakat yang akan dibentuk di Desa, sehingga benar benar berfungsi maksimal dalam menumbuh kembangkan usaha ekonomi masyarakat Desa khususnya dibidang Pertanian, Perkebunan dan Hortikultura.

Menyikapi kegiatan itu,dari kementrian   mengucapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan ini untuk menggerakan ekonomi berbasis Pertanian, Perkebunan, Perikanan di Pedesaan. Menurutnya keberadaan LEM Desa sangat strategis dalam menumbuh kembangkan usaha Pertanian, Perkebunan di tingkat Desa,tutur susilo.

Di sela-sela acara saat awak media Pelitariau.com, menemui Kepala Desa Lukun menjelaskan Lembaga LEM sangat strategis karena jika pengembangan usaha pertanian dilakukan sendiri- sendiri tidak maksimal jadi perlu dilakukan secara kelembagaan, dan ini merupakan salah satu usaha kita dalam menggerakan ekonomi Desa," beber Lukman

"Melalui lembaga ekonomi inilah kita bisa mengerakan usaha eknomi masyarakat mulai dari pengembangan produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Saya harap Lembaga ini benar benar produktif dalam memggerakan roda ekonomi di Pedesaan," ujarnya lagi. **adit

 

 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved