DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Amanat Kapolres Inhu, Hari Kesaktian Pancasila Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa

Editor :Fauzi Senin,01 Oktober 2018 | 10:36:33 WIB
Amanat Kapolres Inhu, Hari Kesaktian Pancasila Landasan Kerja Mencapai Prestasi Bangsa Ket Foto : Fhoto Jajaran Mapolres Inhu Apel Hari Kesaktian Pancasila

PELITARIAU, Inhu - Pada hari Senin, tanggal 1 Oktober 2018 sekira pukul 08.00 Wib di Halaman Mapolres Indragiri Hulu (Inhu), Kapolres Inhu Melalui Paur Humas kepada pelitariau.com mengatakan telah dilaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema "Pancasila sebagai landasan kerja mencapai prestasi bangsa", Kata Paur Humas Ipda Juraidi.

Amanat yang disampaikan Kapolres Inhu AKBP Dasmin Ginting S IK, disamping telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara secara utuh, Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masyarakat kita. 

Nilai - Nilai Pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik sebagaimana telah kita tampilkan dalam pemilu beberapa waktu yang lalu hal ini juga sekaligus menepis seolah-olah Pancasila kurang memperoleh perhatian bersama sejak Reformasi 1998. 

"Untuk membangun bangsa dan negara yang kita cintai ini, dibutuhkan kerja keras bersama berlandaskan Pancasila. Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi negara kita, sebagai falsafah negara Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera," Ujarnya.

Salah satu fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar kominitas atau kelompokkelompok masyarakat yang lebih kecil, Diantara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme, Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain. 

Lanjut Humas lagi, sudah tentu radikalisme dan faham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormti dan menghargai kebhinekaan.

Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai NKRI, sekaligus kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai faham radikalisme dan sejenisnya. 

Kita semua, tentu ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman, dengan demikan Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup. 

"Untuk itu, kita harus terus-menerus menumbuh kembangkan nilai-nilai pancasila kepada semua generasi, penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Dalam konteks ini, Pendidikan mempakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, panggilan, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai pancasila dapat dilakukan secara sistematik, sistematik dan secara masif," Sebut Juraidi.

Akhirnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang kita peringati setiap tahun haruslah kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selamat memperingati hari  Kesaktian Pancasila 2018, semoga allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing dan meridhoi usaha kita semua dan semoga apa yang kita lakukan termasuk bagian dari aman kebajikan, Jelasnya.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Indragiri Hulu AKBP Dasmin Ginting S IK, Sebagai Perwira Upacara Kapolsek Kelayang Akp Buha Siahaan, Komandan Upacara Kanit Reskrim Polsek Kelayang Ipda Endang Kusma Jaya SH dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 Brigadir Fauzi SH serta Pembacaan Ikrar Briptu Mangginar Situmorang. 

Upacara ini juga diikuti oleh Wakapolres Indragiri Hulu Kompol Roni Syahendra SH, S.IK, Para Kabag, para Kasat, Para Kapolsek, Perwira beserta anggota dan ASN Polres Inhu. 

Adapun Pasukan Upacara  terdiri dari 1 Pleton Perwira, 1 Pleton Sat Sabhara,1 Pleton Gabungan Staf,1 Pleton Gabungan Personil Polsek jajaran,1 Pleton Sat Lantas,1 Pleton Gabungan Sat Intelkam, Sat Reskrim, dan Sat Res Narkoba dan 1 Pleton ASN Polres Indragiri Hulu.

Susunan acara, Komandan upacara memasuki lapangan upacara dan langsung mengambil alih pimpinan, pasukan disiapkan, Inspektur upacara memasuki lapangan upacara, pasukan disiapkan, Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara.

Serta dilanjutkan dengan Laporan komandan upacara, Mengheningkan cipta di pimpin oleh inspektur upacara, Pembacaan teks pancasila oleh inspektur upacara, Pembacaan naskah pembukaan undang undang dasar 1945.

Pembacaan naskah ikrar, Amanat, Pembacaan do’a, Andhika bhayangkari, Laporan komandan upacara kepada inspektur upacara, Penghormatan pasukan kepada inspektur upacara, Inspektur upacara berkenan meninggalkan mimbar upacara serta Penutup, laporan perwira upacara selesai, pasukan dapat di istirahatkan.

Kegiatan berakhir sekira pukul 08.30 Wib, selama kegiatan berlangsung aman, tertib dan lancar, Jelas Humas Polres Inhu.**

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI
shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved