DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

TPID Kecamatan Pasir Penyu Rakor Bahas Program Inovasi Desa

Editor :Fauzi Sabtu,15 September 2018 | 17:37:02 WIB
TPID Kecamatan Pasir Penyu Rakor Bahas Program Inovasi Desa Ket Foto : Fhoto Tim TPID Di Taman Finiza Desa Batu Gajah Airmolek

PELITARIAU, Inhu - Pada Hari Sabtu [15/09/2018] sekira jam 10 00 wib bertempat diaula Sanggar Finiza Desa Batu Gajah, Tim Pelaksana Inovasi Desa [TPID] Kecamatan Pasir Penyu melaksanakan Rapat Koordinasi [Rakor] dengan pengurus TPID.

Dalam Rakor yang dibahas program untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Program Inovasi Desa diselenggarakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa, PDTT) dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia, Ujar Ketua TPID Kec Pasir Penyu, Heri Sutoyo.

"Tujuanya program ini antara lain untuk mendukung pembangunan desa yang lebih kreatif dalam mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia dalam rangka percepatan pelaksanaan program inovasi desa, pada tingkat kecamatan maka dibentuklah Tim Pelaksana Inovasi Desa [TPID]," Jelas Ketua.

Dalam Rakor Heri Sitoyo paparkan kalau untuk memajukan desa melalui TPID kita harus membuat program yang betul betul positif bagi pembangunan kesejahteraan masyarakat desa, kenapa masyarakat dipedesaan saat ini berbondong bondong banyak ekonominya mengarah ke kebun sawit yang hasilnya menjanjikan seperti pola plasma karena sudah dibimbing oleh pengelolah baru diserahkan dengan kelompok tani [KUD] tapi kalau pola perorangan menanam sawit maka hasilnya tidak terjamin untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

"Menurutnya kebanyakan kepala desa mengalokasikan dana Desa terlalu ego membuat program yang instan seperti Pembangunan Insfratuktur Semenisasi, Boxalver dan lainnya sementara tidak ada program yang bisa memdongkrak ekonomi seperti bidang pertanian, perkebunan dan usaha lainnya," Jelas Ketua.

Selanjutnya Ketua Bidang Pengelolaan Inovasi Desa, Saipul Annuar SP dalam rakor mengusulkan bagaimana salah satu desa membuat program pupuk organik untuk tanaman sayur sayuran per RT hanya butuh tenaga 10 orang, berapa tertolongnya desa tersebut ketika mendapatkan hasil dari program itu.

"Sebutnya ada pekarangan masyarakat seluas lahan 3 meter bisa dimanfaatkan menanam sayuran inilah pilot projek yang menjanjikan saat ini," Jelasnya.

Sayur sayuran bukan makanan orang kaya tapi makanan kesehatan kalau dihitung hitung belajar dari pengalamannya hanya 3 meter lahan menghabiskan dana 3 jt sementara setelah sayuran tersebut setelah dipanen bisa menghasilkan 7-8 jt tentunya kita TPID harus memikirkan hulunya untuk carikan pemasaran bisa melalui mini market, dan lainnya.

Lanjut Saipul lagi harus diprogramkan seperti peternakan sapi dan ikan juga kita programkan untuk pilot projek seperti pendidikan dan kesehatan sudah ada wadahnya dinas terkait, TPID bergerak untuk tahap program jangka pendek biar 1 program tapi ada hasil untuk membuktikan hasilnya kepada masyarakat desa jangan yang lain dulu, ungkapnya.

Pendamping Desa, Rengga Septa tambahkan sangat diuntungkan dengan TPID ini dimana desa selama ini hanya programnya yang mudah sipatnya instan, tapi kalau ada program seperti ini sangat luar biasa dikembangkan disetiap desa, Singkat Rengga.

Tampak hadir dalam Rakor TPID Kec Pasir Penyu, Ketua TPID Heri Sutoyo, Bendahara Upik Sandrani, Ketua Bidang PID Saipul Annuar SP, Ketua Bidang Verifikasi Inovasi M Ali Fauzi SH, Ketua Bidang P2KTD Inda Malahayati, Anggota Indrawati, Syafrianti dari Pendamping Desa Eka Hasiyandi, Rengga Septa, Sumiati dan Ismail.

Giat Rakor TPID Perdana tersebut berlangsung dari awal hingga selesai dalam keadaan kondusif terkendali aman.**

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI
shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved