DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemilukada Inhu Tahun 2015 Mendatang

Maju Independen, Harman-Tony Sudah Dapat 20.000 Dukungan

Editor : Sabtu,26 Juli 2014 | 15:09:33 WIB
Maju Independen, Harman-Tony Sudah Dapat 20.000 Dukungan Ket Foto : Ilustrasi :

RENGAT (PR) - Menjelang Pemilihan kepala daerah (Pemilukada)  di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada Oktober 2015 mendatang, sejumlah nama calon bahkan pasangan masing-masing calon sudah muncul. suhu politik di Inhu akan meningkat pada Februari 2015 mendatang.


Calon bupati yang dipastikan akan bertarung diantaranya, Topi Arianto, SE (Incumbent) H Harman Harmaini, (Wakil Bupati) Emrizal Pakis (ketua Koni Provinsi Riau, Susilo Hadi (dari Polri).

Saat ini yang santer menjadi perbincangan adalah, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini yang memastikan dirinya akan maju sebagai bakal calon (Balon) Bupati Inhu periode 2015-2020 pada Pemilukada tahun 2015 mendatang. Harman akan maju dari jalur perseorangan atau independent berpasangan dengan Kapten Tony Sutianto SH, anggota Kodim 0302 Inhu.

Pasangan Harman-Toni saat ini ada selebaran Harman dan Tony tengah salam komando dengan latar belakang Replika Istana Kerajaan Indragiri serta slogan salam independent telah beredar di tengah masyarakat.

“Benar, itu adalah foto saya dan Kapt Tony, tetapi yang cetak dan perbanyak bukan saya. Mungkin teman-teman yang ikut mendukung. Ini semua masih dalam proses, namun kita sudah berikhtiar untuk maju pada Pemilukada tahun 2015,” ujar Harman Harmaini, Kamis (24/7/2014) kemarin kepada sejumlah wartawan.

Harman mengaku baru berfikir untuk maju sebagai balon Bupati Inhu setelah Pemilu Legislatif 2014. Dari niat tersebut, ia kemudian berdiskusi dengan berbagai kalangan dan melakukan kajian dari sisi aturan Undang-undang hingga sampai pada sebuah kesimpulan akan maju dari jalur perseorangan atau independent.“Yang jelas banyak rekan-rekan yang mendorong saya untuk maju, dan InsyaAllah dari sisi aturan Undang-undang, seluruh syarat untuk menjadi calon Bupati bisa saya penuhi,” ujarnya.

Harman mengaku Pemilukada 2015 merupakan kesempatan baginya. Apalagi dalam sejarah Pemilukada di Kabupaten Inhu belum ada satupun bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang maju dari jalur independent. Karena itu, jika yang dilakukannya tersebut berhasil, atau minimal KPU menetapkan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, akan menjadi sejarah bagi masyarakat Inhu.

Dijelaskan Harman, untuk maju sebagai calon independent, ia dan Kapten Tony Sutianto harus mengumpulkan dukungan 5 persen dari jumlah penduduk Inhu yang mencapai 400 ribu jiwa, dengan sebaran minimal 50 persen dari jumlah kecamatan. Dengan syarat itu, maka dukungan yang harus dikumpulkan Harman dan Kapten Tony Sutianto dari masyarakat minimal 20 ribu dukungan.
 
“Kalau angka 20.000 dukungan tersebut sudah tercapai kita akan terus tingkatkan. InsyaAllah saat ini kita terus mencari dukungan masyarakat,” jelas Harman seraya menyebutkan pihaknya juga tengah menjalin komunikasi dengan partai politik.

Meski telah memastikan akan maju sebagai balon Bupati dari jalur independent, namun Harman menegaskan bahwa dirinya tetap komitmen menjalankan tugas sebagai Wakil Bupati Inhu dan mendukung  kepemimpinan Bupati Inhu H Yopi Arianto hingga akhir masa jabatan. “Sebagai Wakil Bupati saya akan mendukung seluruh program yang dilaksanakan dengan Bupati. Sebab sesuai aturan, Wakil Bupati itu hanya mempunyai tugas, tetapi tidak punya kewenangan,” ujarnya.

Terkait pilihannya menggandeng Kapten Tony Sutianto SH, Wabup Harman Harmaini mengungkapkan bahwa Tony sudah lama ia kenal semenjak bertugas di Kodim 0302. Menurutnya, Tony merupakan prajurit yang taat, beprestasi dan berpengalaman dalam berbagai operasi militer di berbagai daerah di Indonesia hingga Papua. “Disiplin dan semangat prajurit yang ada pada Kapten Tony ini dibutuhkan untuk pemerintahan ini,” jelasnya.

Harman juga mengungkapkan bahwa Kapten Tony Sutianto sudah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota TNI aktif. “Ini bentuk sikap ksatria dari Kapten Tony, karena berikhtiar ingin fokus pada pencalonan,”jelasnya.

Kapten Tony Sutianto dikonfirmasi membenarkan bahwa dirinya sudah mengajukan pengunduran diri sebagai anggota TNI aktif sejak sepekan lalu. Saat ini surat pengunduran diri tersebut tengah diproses.

“Untuk negara dan kemajuan daerah ini kita siap dan harus fokus. Makanya saya mengajukan pengunduran diri,” ujarnya. (PR-cr01)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved