DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Berhasil Turunkan Tingkat Kemiskinan dan Tingkatkan Nilai IPM

Pemprov Riau Masuk Nominasi 10 Besar PPD

Editor :Zulmi Senin,30 April 2018 | 19:13:49 WIB
Pemprov Riau Masuk Nominasi 10 Besar PPD Ket Foto : Plt Gubri H Wan Thamrin Hasyim didampingi Kepala Bappeda Provinsi Riau H Rahmad Rahim menghadiri Pembukaan Musrenbangnas di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Senin (30/04/2018).

Pelitariau.Com, Pekanbaru  - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil meraih 10 besar Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD).

Ini merupakan penghargaan yang diberikan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) kepada Provinsi yang berhasil menyusun perencanaan pembangunan yang konsisten serta capaian pembangunan yang baik.

Pemerintah pusat menilai Pemprov Riau berhasil menurunkan tingkat kemiskinan dan meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

Penghargaan yang diterima tersebut diketahui setelah Plt Gubri H Wan Thamrin Hasyim didampingi Kepala Bappeda Provinsi Riau H Rahmad Rahim menghadiri Pembukaan Musrenbangnas di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Senin (30/04/2018).

Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri seluruh Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Menurut informasi Kepala Bappeda Riau, PPD yang diterima merupakan bagian dari tahapan penilaian yang dilakukan pemerintah pusat. Dimana dari 15 pro­vinsi di Indonesia, Riau ma­suk nominasi 10 besar menjalani penilaian tahap ketiga. 

"Alhamdulillah kita ma­suk nominasi 10 besar pe­nilaian ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah yang di­seleng­garakan Bappenas. Untuk di Sumatera ada empat yang masuk nominasi, salah satunya Riau," ujar Rahmad Rahim. 

Dijelaskan, untuk me­ngikuti peng­har­gaan ber­gengsi itu terlebih dahulu pi­haknya mengirimkan do­kumen Rencana Pem­ba­ngu­nan Jangka Menengah Daerah (RPJ­MD) dan Ren­cana Kerja Pemerintah Da­erah (RK­PD). Setelah pe­nilaian se­lanjutnya Tim Bap­penas akan turun ke Or­ga­nisasi Pe­rangkat Da­erah (OPD) di lingkungan Pem­prov Riau un­tuk pe­nyesuaian ren­cana pem­bangunan. 

"Setelah dokumen dikirim seterusnya tim independen Bappenas me­nilai kese­riusan kon­sistensi daerah dalam melakukan rencana pembangunan. Dari situ lah ditetapkan delapan da­erah untuk mengikuti pe­nilaian lanjutan," ung­kapnya. 

Melalui penghargaan ini untuk memo­tivasi daerah agar menyiapkan dokumen RK­PD secara baik, kon­sis­ten, terukur dan dapat di­lak­sanakan. Keseluruhannya itu untuk mewujudkan pe­ren­ca­naan pem­bangunan yang lebih baik dan ber­mutu. 

Salah satu indikator penilaian dimaksud dimana Pada tahun 2017 Provinsi Riau berhasil menurunkan menurunkan angka kemiskinan sebesar 7,41 persen jauh dibawah rata-raya angka kemiskinan di Indonesia sebesar 10,12 persen.

Sedangkan IPM Riau sebesar 71,79 pada 2017 dan menempati urutan ke 6 di Indonesia. Sementara IPM Indonesia sebesar 70,18 persen.

Pada pembukaan Musrenbangnas 2018 yang dihadiri Presiden RI Ir Joko Widodo, tiga terbaik PPD 2018 yang diumumkan adalah Jatim, kemudian peringkat dua Sumsel dan ketiga Bali. Sementara Provinsi Riau berhasil menduduki 10 besar bersama beberapa daerah seperti DIY, Jabar dan lainnya.(rls/ron)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved