DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Milad IKLA Riau ke-17 Dimeriahkan Tambua Tansa dan Silek Harimau

Editor :Zulmi Minggu,29 April 2018 | 21:20:10 WIB
Milad IKLA Riau ke-17 Dimeriahkan Tambua Tansa dan Silek Harimau Ket Foto : Suasana Perayaan HUT IKLA Riau ke-17

Pelitariau.Com, Pekanbaru - Tampilnya kesenian Minangkabau menjadi warna khas dalam acara Hari Jadi Ikatan Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau ke-17.

Betapa tidak. Atraksi kesenian asli Minangkabau yang ditampilkan antara lain Tambua Tansa dan Silek jurus Harimau.

Ketua Panitia HUT IKLA Riau ke-17 tahun 2018, Yosrizal ST MSi Sutan Makmur menyampaikan ucapan terima kasih sekaligus mengapresiasi seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk melaksanakan acara ini. Terutama, panitia kesenian yang secara rutin mempersiapkan tim kesenian untuk memeriahkan dan menyemarakkan acara HUT IKLA Riau ke-17 sekaligus pelantikan pengurus IKLA Kota Pekanbaru periode 2018-2023.

"Selaku Ketua Panitia, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras mempersiapkan acara ini. Terutama kepada panitia kesenian yang hampir setiap malam mengawal tim kesenian melakukan latihan," ujar Yosrizal saat menyampaikan sambutan pada acara perayaan HUT IKLA Riau ke-17 di halaman Purna MTQ, Pekanbaru, Minggu, (29/04/2018). 

Hadir pada acara HUT IKLA Riau ke-17 antara lain Ketua DPRD Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim MM, Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria ST MT Datuk Tumanggung. Selain itu, juga hadir Ketua Koni Riau Erizal Muluk yang Ketua Pemenangan Pasangan Calon Nomor 4, Andi Rachman-Suyatno. 

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Provinsi Riau Ir H Noviwaldy Jusman Datuk Rajo Ameh dalam sambutannya menyampaikan, warga Agam yang berdomisi di Riau, khususnya Pekanbaru turut memberikan kontribusi bagi pembangunan di Bumi Melayu Lancang Kuning yang heterogen ini. Terutama di sektor ekonomi, sosial, budaya maupun politik. 

"Kami tetap menjunjung budaya Melayu. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," ujar Noviwaldy yang akrab disapa Dedet ini 

Pada kesempatan itu, Dedet juga mengatakan, Gubernur Riau non aktif  Arsyadjuliandi Rachman yang saat ini maju sebagai Calon Gubernur Riau Nomor 4 punya perhatian besar terhadap tumbuh kembangnya organisasi masyarakat yang ada di Riau, khususnya IKLA.

"Sebagai tokoh masyarakat Riau, Bang Andi punya perhatian besar untuk IKLA. Beliau selalu berpartisipasi dan mendukung dalam setiap kegiatan IKLA untuk menunjang adat istiadat di Bumi Melayu," ujar Dwdet yang disambut tepuk tangan para hadirin. 

IKLA, kata Dedet, sedang menggiatkan kegiatan budaya dan adat istiadat Luhak Agam untuk mengingatkan anak kemanakan. Salah satunya menggelar perlombaan Festival Tambua.

"Keberadaan IKLA di Riau telah mempersatukan warga Agam. Sebagai bukti, IKLA sudah ada di Perawang, Pelalawan, Dumai, Rohul dan Kampar. Dan pada hari ini kita telah melantik kepengurusan IKLA Kota Pekanbaru," sebut Dedet.

Pada kesempatan yang sama, Dedet memotong Ayam Singgang dan Nasi Kunyit. Potongan pertama langsung diberikan kepada Andi Rachman karena telah berkontribusi besar untuk Luhak Agam.

Dikesempatan itu, Plt Gubernur Riau Wan Thamsir Hasyim menyampaikan, atas nama Pemerintah Riau mengucapkan tahniah ke-17 kepada Ikatan Luhak Agam. Semoga milad tahun ini dapat mempererat ikatan dan silaturahmi antara seluruh masyarakat Agam dan Bukittinggi yang ada di Provinsi Riau.

"Peringatan milad ke-17 IKLA ini menjadi makna yang terdalam bagi kita semua dengan hadirnya tokoh-tokoh masyarakat minang yang ikut menyemarakkan milad IKLA di Kota Pekanbaru," ujar Plt Gubri.

Milad ini, kata Plt Gubri, tentunya dapat memberikan efek positif untuk membangun suasana silaturahmi antar masyarakat Luhak Agam yang berada di Riau.

"Usia yang 17 ini, telah menjadi simbol bahwa keluarga Luhak Agam telah banyak memberikan kontribusinya terhadap pembangunan di Riau," ujar Plt Gubri.(ron)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved