DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Meranti Buka MTQ Ke-X Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi, Ajak Masyarakat Makmurkan Al-Quran

Editor :Herman Jumat,20 April 2018 | 08:43:59 WIB
Bupati Meranti Buka MTQ Ke-X Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi, Ajak Masyarakat Makmurkan Al-Quran Ket Foto : Bupati meranti membuka acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-X Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi

PELITARIAU, Meranti - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si membuka acara Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Ke-X Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi, kegiatan dalam rangka meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Kitabullah itu, dipusatkan di Halaman Masjid Arahman, Desa Banglas, Kamis (19/4/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten III Sekdakab. Meranti H. T. Akhrial, Camat Tebing Tinggi Rizki Hidayat, Perwakilan Polres Meranti, Ketua Kemenag Meranti Darwis S.Ag, Perwakilan Kejari Meranti, Ketua MUI H. Mustafa, Kepala Dinas/Badan Dilingkungan Pemkab. Meranti, Ketua LPTQ Meranti Zulkhairy, LAM Meranti H. Ridwan Hasan. 

Kegiatan diawali dengan Penyerahan piala bergilir MTQ Kecamatan Tebing Tinggi kepada panitia penyelenggara untuk diperebutkan kembali. Selanjutnya Pembukaan MTQ Ke-X Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi yang ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Muspida.

Dalam pidatonya dihadapan hadirin yang hadir, Bupati Kepulauan Meranti mengucapkan apresiasinya kepada Kecamatan Tebing Tinggi dan pengurus masjid Ar-Rahman selaku penyelenggara yang telah berhasil menyelenggarakan MTQ Ke-X Kecamatan Tebing Tinggi yang cukup luar biasa baik dari segi kelengkapan maupun penampilan.

"MTQ Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi ini serasa MTQ Tingkat Kabupaten  terima kasih kepada Kecamatan dan pengurus Maasjid Ar-Rahman yang telah menyelenggarakan acara ini," ucap Bupati.

Dijelaskan Bupati Meranti H. Irwan M.Si, kegiatan MTQ yang tiap tahun dilaksanakan ini merupakan suatu upaya Pemerintah Daerah dalam rangka menggalakan baca Al-Quran sebagai sumber dari segala ilmu di tengah masyarakat.

"Yang kita inginkan bagaimana masyarakat Meranti dapat menjadi masyarakat yang Qurani," ucap Bupati.

Selain itu Bupati Irwan juga berharap, dengan diselenggarakannya MTQ kali ini dapat melahirkan Qori dan Qoriah terbaik di Kecamatan Tebing Tinggi, sehingga dapat melestarikan baca Al-Quran dan kualitasnya dapat meningkat dari tahun ketahun.

Ia juga mengingatkan dalam baca Al-Quran bukan saja dituntut untuk membaca dengan baik tetapi juga harus memmahami artinya untuk diaplikasikan dalam kehiduoan sehari hari.

Seperti diketahui, dengan desakan ekonomi saat ini yang semakin diperparah okeh serangan Narkoba dan penyakit masyarakat lainnya tentu berbahaya bagi perkembangan mental dan moral generasi muda, untuk itu dengan semakin gencarnya pembacaan Al-Quran dapat menjadi salah satu pembendungnya.

Pada acara yang meriah itu Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Tebing Tinggi untuk dapat menghadiri kegiatan ini hingga akhir, serta mendengarkan bacaan Al-Quran yang dilantunkan oleh para Qori dan Qoriah dengan baik, agar sama sama mendapat keberkahan.

"Saya ingatkan dalam rangka mewiridkan Al-Quran ada adap yang harus dilakukan yakni harus diam, menyimak wahyu Illahi dengan baik serta pahami maknanya karena dengan mendengarkanya juga mendapat berkah," ucap Bupati.

Pada kesemlatan itu, Bupati juga mengucapkan apresiasinya kepada pengurus Masjid Ar-Rahman yang telah membuka kelas Hafiz, kedepan dalam rangka mendukung program Kecamatan Tebing Tinggi yang akan menjadikan Selatpanjang sebagai Kota Hafiz, Pemkab. Meranti akan membantu membangunkan MDA di area masjid Ar-Rahman.

"Pengurus Masjid Ar-Rahman akan membuka kelas Hafiz dalam rangka mencetak para Hafiz dan Hafizoh dan kita dari Pemda akan mendukung kegiatan itu secara langsung, mari para orang tua kita hidupkan dan sekolahkan putra putri kita di MDA," ungkapnya seraya mengajak para ulama dan orang tua untuk mendukungnya.

Bupati juga menyinggung perihal isu yang dilancarkan oleh oknum terkait tak bolehnya MDA melakukan pungutan, orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu angkat bicara, dimana dari hasil koordinasi dirinya dengan Kakan Kemenag Meranti, MDA merupakan sekolah Nin Formal yang bisa didirikan oleh siapa saja, oleh karena itu diperbolehkan melakukan pungutan kepada murid.

Terakhir dengan ditunjuknya Meranti sebagai tuan rumah STQ TinTingkat Provinsi Riau Tahun 2018 pada bulan Desember mendatang, Bupati meminta dukungan dari semua pihak khususnya masyarakat sehingga apa yang diharapkan yakni bukan hanya sukses pelaksanaan tetapi hendaknya juga tampil menjadi juara umum. Hal itu bukan tidak mungkin karena sudah 4 kali berturut turut mengikuti ajang MTQ Tingkat Provinsi Meranti selalu menjadi juara umum 2.

Hal senada juga dikatakan oleh Camat Tebing Tinggi Rizki Hidayat, ia berharap melalui MTQ kali ini dapat lebih meningkatkan prestasi Kecamatan Tebing Tinggi yang sudah 4 kaki keluar sebagai juara umum.

Sekedar informasi, seperti dikatakan ketua panitia Aziz Efendi tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan syiar ialam, meningkatkan ukuah islamiah, ajang seleksi Qori dan Qoriah yang akan diikutsertakan pada ajang yang lebih tinggi, setta meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap baca al-Quran.

Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si juga berkesempatan penyerahan bantuan Al-Quran terjemah untuk masjid Arahman yang diterima langsung oleh perwakilan pengurus Masjid Arahman Ustadz Jufri. (Humas Meranti).

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved