DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kedatangan KPU Riau Di Desa Talang Gedabu Untuk Sosialisasi Pilgubri Disambut Dengan Kegiatan Adat

Editor :Fauzi Jumat,13 April 2018 | 09:07:15 WIB
Kedatangan KPU Riau Di Desa Talang Gedabu Untuk Sosialisasi Pilgubri Disambut Dengan Kegiatan Adat Ket Foto : Ketua KPU riau dan KPU Inhu Disambut Masyarakat Adat

PELITARIAU, Inhu - Sebagaimana pemberitaan sebelumnya terkait rencana sosialisasi yg akan dilakukan KPU Kab. Inhu ke suku talang mamak, Hari ini kamis tanggal 12 Maret 2018, KPU Kab. Inhu merealisasikan hal tersebut, sekitar pukul 09.40 Wib, rombongan KPU Kab. Inhu dan KPU Riau sampai di desa talang gedabu Kecamatan Rakit Kulim.

Kedatangan tim KPU Kab. Inhu dan KPU Riau disambut dengan pemasangan Peci dan selempang sarung kepada ketua KPU Riau dan Ketua KPU Kab. Inhu sebagai tanda diterima oleh masyarakat talang gedabu.

Setelah pemasangan peci, kami diantar ke tempat berkumpulnya para bathin untuk menyaksikan pencak silat yang diiringi musik calempong.

Kemudian kami dikumpulkan dengan masyarakat tuk diberi kesempatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat, sosialiasasi yg kami lakukan dengan  cara tanya jawab seputar pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Riau thn 2018 ungkap ketua KPU Kab.Inhu Muhammad Amin, SE., M.Si.

Ketua KPU Riau dr H Nurhamin S Pt  MH dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini ada beberapa metode yang dilakukan dalam sosialisasi, metode inklusif adalah hal yang tepat dilaksanakan, metode ini dilakukan dengan cara mendatangi masyarakat secara langsung, berbeda dengan metode yang biasa dilakukan yang mengundang masyarakat di dalam sebuah ruang pertemuan.

Ketua KPU Riau menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Pemuka Adat Talang Mamak Desa Talang Gedabu yang menerima dengan terbuka KPU Riau dan KPU Kab. Inhu dalam melaksanakan sosialiasi, Ujar Nurhamin. 

Acara sosialisasi ini yang diikuti dengan pemberian cendera mata kepada masyarakat yang bertanya seputaran pelaksanaan pilkada, seperti yang ditanyakan oleh salah seorang warga masyarakat yang bernama jaya, beliau bertanya kami tidak punya KTP, apa bisa kami mencublus?.

Selesai sesi tanya jawab dengan warga, rombongan diajak tuk menyaksikan kegiatan warga berupa menampik pulut yang dilakukan oleh kaum ibu, selepas menyaksikan kegiatan menampik pulut, kami diajak untuk naik ke rumah bathin urusan.

Bathin urusan merupakan tuan rumah yg sedang melaksanakan pesta hajatan pernikahan anaknya, dalam kesempatan itu kami banyak berdiskusi seputar keinginan/harapan masyarakat talang mamak dalam perhelatan Pilgubri 2018.

"Bathin urusan menyampaikan agar kiranya gubernur yg terpilih nantinya agar mengedepankan kebiasaan kearifan Lokal dan terus melestarikan budaya talang mamak," Jelas nya.

Selanjutnya menanggapi keinginan dari bathin urusan, Ketua KPU Kab. Inhu meminta kepada ketua KPU Riau kiranya apa yang disampaikan oleh bathin urusan  ditampilkan dalam tayangan ketika "Debat Kandidat" calon gubernur dan wakil gubernur Riau yg akan dilaksanakan tanggal 27 April 72018 dan dijadikan rumusan pertanyaan dalam bidang  budaya.

Dalam kesempatan tersebut tak lupa Amin mengucapkan terima kasih kepada bathin dan masyarakat talang gedabu atas sambutan hangatnya, serta kepada PPK Rakit Kulim yg telah memfasilitasi antara KPU Inhu dan masyarakat talang mamak, Sambung Amin. 

Kepada ketua KPU Riau, Amin menyampaikan bahwa KPU Kab. Inhu  berkomitmen untuk terus berinovasi dalam kegiatan sosialisasi terutama sosialisasi dengan menggandeng dan menampilkan budaya asli masyarakat inhu sebagai wujud kearifan lokal.

"Mudah mudahan dengan berbagai sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Kab.inhu masyarakat lebih mengetahui tentang pelaksanaan pilgubri yang pada akhirnya tingkat partisipasi masyarakat di Indragiri Hulu semakin meningkat,"Harapan Amin.**(Fauzi

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved