DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Rumah Gadang Urang Agam di Dumai Diresmikan

Editor :Rizal Dumai Minggu,11 Maret 2018 | 15:41:12 WIB
Rumah Gadang Urang Agam di Dumai Diresmikan Ket Foto : Peresmian Sekretariat Basamo/Rumah Gadang Urang Agam kota Dumai

PELITARIAU,DUMAI- Keluarga besar masyarakat Kabupaten Agam yang berdomisili di kota Dumai telah selesai meresmikan sekretariat bersama "Rumah Gadang" yang merupakan sekretariat bersama tiga organisasi tumpu Agam di Dumai diantaranya Ikatan Keluarga Agam ( IKEDA ) Pemuda Agam ( PAGA ) dan persatuan Ibu-ibu Agam yang dikenal dengan sebutan Bundo Kandung Agam.

Peresmian rumah gadang ini ditandai dengan pemotongan pita oleh perwakilan Bundo kanduang didampingi pengurus teras IKEDA dan PAGA, Kegiatan ini dipusatkan di Jl. Bintan kecamatan Dumai kota Ahad (11/03/18).

Dalam sambutan singkatnya, ketua IKEDA Basri Chaniago mengapresiasi kerja keras PAGA yang telah memprakarsai hadirnya sekretariat bersama ini, dengan sistem penghalang dana untuk akomodasi sekretariat.

"satu lagi ucapan salut saya ucapkan kepada PAGA karena Kembali membuat gebrakan untuk tersedianya rumah gadang Agam di Dumai, sebelum PAGA juga sudah mampu menggelar kegiatan amal dan sosial untuk internal PAGA seperti pemberian sembako kepada para dhuafa dan penggalangan dana untuk korban kebakaran Bukittinggi" sambutannya.

Basri juga mengatakan keberadaan rumah gadang ini nantinya akan menjadi wadah berbagai kegiatan musyawarah dan mufakat keluarga Agam di Dumai dan menjadi tempat digelarnya kegiatan internal organisasi.

Dikesempatan yang sama ketua umum PAGA Bambang Irawan mengatakan dihadirkannya sekretariat bersama atau rumah gadang Agam di Dumai ini mempunya multi fungsi untuk masyarakat Agam. Dimana nantinya tempat ini juga akan menjadi sentral ekonomi dengan membuat usaha menghidupi organisasi PAGA sendiri.

" PAGA merupakan organisasi kepemudaan, dan kita ingin menimbulkan sikap kemandirian kepada anggota PAGA agar dapat berfikir Mandiri dan kompetitif dengan membuat usaha di dalam tubuh PAGA untuk membangun organisasi lebih baik " paparnya.

Sementara itu, salah seorang niniak mamak PAGA yang juga merupakan wakil ketua DPRD Dumai Idrus ST juga mengapresiasi peran PAGA dalam membangun organisasi yang hidup dan aktif baik sosial dan kemanusiaan. Apalagi program PAGA terakhir yakni ini mempunyai sekretariat bersama sudah terwujud dengan kebersamaan seluruh anggota PAGA berkordinasi dengan niniak mamak di IKEDA

"Saya dari awal sudah terlibat dengan keberadaan PAGA di Dumai, dari periode pertama hingga ketiga ini, menurut saya PAGA sudah memperlihatkan perannya membangun masyarakat Agam di Dumai dengan cara mereka, saya berharap kedepannya PAGA tetap eksis dan memberikan kontribusi kepada pemerintah kota Dumai, seperti kata pepatah Dima Bumi Dipijak Disitu Langik Dijujuang" paparnya.

Kegiatan ini turut dihadiri sejumlah niniak mamak keluarga Agam seperti H. Usmar, Inyiak Pangeran, dan Mak D Remon, Dedi Rusdi, Afrizal Chan, turut pula hadir Ketua harian PAGA Hendra ST Marajo dan sekretaris PAGA Rizal Sikumbang ST Pangulu, serta belasan Bundo Kanduang rang Agam kota Dumai. (Bie)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved