DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Angkat Budaya Talang Mamak Inhu, Disporabudsata & TNBT Gelar Festival

Editor : Sabtu,08 November 2014 | 12:58:00 WIB
Angkat Budaya Talang Mamak Inhu, Disporabudsata & TNBT Gelar Festival Ket Foto : Salah satu budaya Talang Mamak

PELITARIAU, Rengat-Guna mengangkat dan mengenalkan budaya Talang Maka dan Melayu Tua di Inhu digelar festival. Kali ini dilaksanakan Dinas Pemuda Olaharaga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Kabupaten Indragiri Hulu bersama Balai Taman Nasional Bukit Tiga puluh (B.TNBT) yang  menggelar kegiatan bersama berupa Festival Batang Gansal.

 

“ Kegiatan Festival tersebut dipusatkan di Desa Rantau Langsat Kecamatan Batang Gansal dan akan dimulai pada tanggal 14 November hingga 17 November 2014 mendatang “ Kata Kepala Dinas Pemuda Olaharaga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu Armansyah didampingi Andi Moenandar personil dari Balai TNBT, Sabtu (8/11).

 

Menurut Armansyah tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melestarikan kebudayaan Suku Talang Mamak dan Melayu Tua yang masih tetap terjaga, dan masih bertempat tinggal didalam kawasan dan luar kawasan Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT)

 

Pada Festival Batang Gangsal terdapat sepuluh kegiatan yang akan dilaksanakan, diantaranya, lomba Musik Gambus,Pacu sampan,Sepeda gunung cross country, silat tradisional,lomba fotografi,Pacu rakit, kreasi Sofenir,lomba gasing dan lomba lempar lemping, lomba memancing

“ Ini merupakan festival yang kedua kali kita laksanakan dan kita berharap festival ini mendapatkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat “ harap Armansyah.

 

Selain ajang Festival Batang Gangsal, kegiatan  ini juga dapat menjadikan momen reuni bagi para para pemangku adat Talang Mamak dan Melayu Tua. Sebab mereka saat ini sudah sangat jarang berkumpul untuk menggelar kegiatan-kegiatan budaya.

 

Armansyah juga mengakui bahwa TNBT memiliki keindahan alam yang luar biasa dimana berbagai potensi alam dapat dikembangkan menjadi kawasan pariwisata seperti pemandangan air terjun pepunauan, camping, arum jeram disungai Batang Gansal  di desa Rantau Langsat dan lain sebagainya

 

Dengan keindahan alam dan keragaman budaya  itulah merupakan potensi besar bagi pengembangan pariwisata di Inhu. Karena itu, pihaknya akan berupaya untuk meningkatkan infrastruktur pariwisata di TNBT, sehingga pengunjung yang datang dapat lebih nyaman berada di TNBT. (cr. yandra)

 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved