DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Laksanakan Bimtek, Desa Jati Rejo Untuk Barometer di Inhu

Editor :Ramdana Rabu,20 Desember 2017 | 19:02:01 WIB
Laksanakan Bimtek, Desa Jati Rejo Untuk Barometer di Inhu Ket Foto : Bimtek Desa Jati Rejo

PELITARIAU, Inhu - Untuk peningkatan kapasitas Aparatur pemerintahan dan lembaga di Desa Jati Rejo, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) maka dilakukan kegiatan pelatihan Bimbingan Tehnik (Bintek).

Tampak hadir diacara Bintek tersebut, Camat Pasir Penyu Bambang Indramawan melalui Sekcam Pasir Penyu Sani, S.sos bersama PD Kecamatan Pasir Penyu Eka Sasiyandi SE. AK, Kades Jati Rejo Eko Harianto, Sekdes Jurizal, Ketua BPD Heri Sutoyo, dan Ketua LPM Arsad  Glembo.

Disela sela acara sedang berlangsung, Ketua Panitia Bintek, Arsad Glembo, kepada pelitariau.com, Selasa (19/12/2017)  memaparkan latar belakang kegiatan ini upaya meningkatkan SDM untuk mewujudkan kemajuan disegala aspek, terutama dibidang pemerintahan,  Pembangunan, pemberdayaan, dan pembinaan masyarakat yang dianggap perlu untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan disetiap perangkat Desa dan lembaga Desa.

"Adapun dasar kegiatan ini kami laksanakan sesuai perintah Undang Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, PP No.43 Tahun 2014 tentang pelaksanann Undang Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa, Permen Desa Pembangunan Tertinggal Dan Transmigrasi RI No. 4 Tahun 2015 tentang BUMDES, PERDES, No. 2 Tahun 2015 tentang RPJMDES, PERDES No. 2 Tahun 2016 tentang RKPDES," jelasnya.

Lanjut Arsad, waktu pelaksanaan berlangsung selama dua hari mulai Selasa tanggal 19 sampai dengan Rabu tanggal 20 Desember 2017 dengan materi tentang, Tugas pokok dan pungsi perangkat desa hubungan dengan lembaga masyarakat desa, Regulasi tentang desa, Kelembagaan masyarakat Desa yang berkaitan dengan badan usaha milik Desa.

Selain itu lanjutnya, peserta sebanyak 15 orang terdiri dari unsur perangkat Desa, staf Desa, BPD,LPM, PKK dan Karang Taruna. Narasumber sebanyak tiga orang, yakni Sekcam Kecamatan Pasir Penyu Sani, S. sos tentang Tupoksi pemerintahan Desa dan hubungan antar lembaga Desa, Darmansyah Tenaga Ahli Dinas PMD Pemkab Inhu Bidang, Kelembagaan masyarakat ekonomi Desa berkaitan dengan BUMDES, dan Bambang Tekno Tenaga Ahli Dinas PMD Pemkab Inhu Bidang Regulasi tentang Desa.

Dikatakan Arsad Glembo, sumber dana dari APBDES yang bersumber dari APBN tahun 2017 yang menganggarkan dana senanyak 12 juta sudah termasuk pajak, penyerapan untuk dana honorium panitia, uang saku peserta, pembelian baju seragam, konsumsi, ATK, dan alat pendukung lainnya.

Ditempat yang sama Kades Jati Rejo, Eko Harianto mengatakan, sangat mendukung kegiatan seperti ini karena Bimtek ini baru pertama kali dilakukan di Desa Jati Rejo.

Tambah Eko Harianto, mudah-mudahan kedepan juga ada Bimtek khusus buat ibu-ibu PKK, Karang Taruna atau lembaga Desa lainnya, karena kegiatan ini sangat bermanfaat sekali sebagai sarana edukasi utuk mendukung tugas-tugas pemerintah Desa maupun Lembaga Desa dalam hal peningkatan ekonomi dan pemanpaatan Sumber Daya Manusia (SDM) kususnya diDesa Jati Rejo.

Hal senada juga disampaikan Sekcam Kecamatan Pasir Penyu, Sani, S.sos "kegiatan ini perlu kita dukung penuh karena meningkatkan mutu SDM tenaga-tenaga pemerintahan Desa dan Lembaga Desa yang handal," katanya.

Ditambahkannya, untuk seluruh desa yang ada di Inhu baru Desa Jati Rejo salah satu Desa yang ada di Kecamatan Pasir Penyu, yang melaksanakan kegiatan tersebut, hendaknya ini menjadi barometer bagi Desa lainnya.

"Saya setuju kegiatan seperti ini kedepan tidak hanya melibatkan pemerintah Desa maupun Lembaga Desa saja, tetapi juga melibatkan unsur lainnya seperti PKK, Karang Taruna, Kadus, KL, RW, RT, dan sebagainya," tegas Sekcam.***Fauzi

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved