DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Mendongeng Tingkat Provinsi Riau, Utusan Inhu Neni Triani Keluar sebagai Juara I

Editor :Yudha Sabtu,16 Desember 2017 | 18:24:51 WIB
Mendongeng Tingkat Provinsi Riau, Utusan Inhu Neni Triani Keluar sebagai Juara I Ket Foto : Guru TK Pertiwi Rengat, Neni Triani (memegang tropi) juara I lomba mendongeng guru TK tingkat Provinsi Riau

PELITARIAU, Pekanbaru - Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Provinsi Riau menggelar road show dan pra porseni, kegiatan tersebut dilaku dengan menggelar lomba antar guru TK se-Riau pada Rabu (13/12/2017) sampai dengan Jum,at (15/12/2017) di hotel holiwood Pekanbaru. Dari 7 perlombaan yang diikuti guru TK utusan Kabupaten Indragiri hulu (Inhu), Neni Triani keluar sebagai juara I dalam lomba bercerita tanpa alat (mendongeng,red)

Selain mendongeng, dalam lomba yang digelar IGTKI Provinsi Riau, lomba pinger penting (melukis dengan jari,red)  juara I juga berhasil direbut oleh guru TK asal Inhu, selanjutnya lomba sandiwara boneka juga berhasil direbut meski juara III dan lomba Musabaqoh Tilawatir Qur'an (MTQ). Sedangkan lomba duet nyanyi solo, senam pantasi dan menciptakan permainan anak guru TK asal Inhu berhasil dikalahkan oleh guru TK utusan kabupaten-kota di Riau.

Dalam kesimpulan mendongeng dengan judul "kucing kesayangan nenek" yang dibawakan oleh Neni Triani, menceritakan kalau seorang Nenek punye cucu bernama cici dan punye kucing diberinama sibelang, cici dan sibelang sama-sama disayangi nenek.

Tapi tiba-tiba, disuatu hari nenek lupa mengasih makan sibelang, makanan yang tersedia hanya untuk cici, karena mencium aroma ikan goreng milik cici akhirnya sibelang lapar dan ikan milik cici dimakan sibelang.

Cici mengetahui ikannya dimakan sibelang, dan cici marah besar kemudian mengusir  sibelang yang sudah memakan lauknya. Nenek yang saat ini pergi kepasar saat pulang  kalau sibelang tidak ada dan menanyakan kepada cucunya. "Belang sudah say usir nek, d makan ikan cici," kata cici menjawab pertanyaan nenek.

Nenek pergi dari rumah mencari sibelang dan tidak plang, akhirnya cici sedih dan  ikut mencari sibelang membantu mencari nenek yang tak pulang. "Cerita ini saya buat sendiri, terinspirasi dari kisah zaman dahulu dan itu hanya hayal," kata Neni usai mendapatkan tropi juar I.

Neni mengaku, dirinya sudah mengikuti lomba-lomba mendongeng sejak tahun 2015 baik di tingkat Kabupaten, maupun ditingkat Provinsi, dalam setahun itu dirinya mengikuti 2 perlombaan mendongeng yang di ikutinya, sampai dengan cerita nenek kucing dan cucu, Neni mengaku juga dirinya sudah membuat 6 cerita rakyat. "Cerita yang saya buat dan saya perankan langsung, itu cuma hayalan, tapi cerita itu terjadi pada kehidupan sehari-hari," ujar guru TK Pertiwi Rengat ini. **hf

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved