DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pahlawan "Kekinian" di Inhu Dapat Penghargaan Dari Polri, Peringatan 10 November 2017

Editor :Ramdana Jumat,10 November 2017 | 05:39:00 WIB
Pahlawan Ket Foto : Kapolres Inhu AKBP Arif Bastari Sik MH, menyerahkan penghargaan dan cendra mata kepada 8 orang yang berjasa dalam pembangunan Rukan Bhabinkantibmas di Desa Sencano Jaya

PELITARIAU, Inhu - Ada kado istimewa dalam peringatan hari pahlawan 10 November 2017 dari polisi untuk masyarakat Inhu, kado istimewa yang diberikan langsung oleh Kepolisian republik indonesia (Polri) diserahkan langsung oleh Kapolres Indragiri hulu (Inhu) Ajun Komisaris Besar Polisi Arif Bastari SIK MH.

Dalam rangkaian upacara 10 November 2017 di Polres Inhu, Kapolres Arif menyampaikan, kalau para Pendiri bangsa mengabarkan pesan penting kepada rakyat indonesia, pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya yang terpenting adalah rakyat harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara yang berdaulat adil dan makmur.

Tema "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri" dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017.

Kata Kapolres Arief dalam amanatnya, semangat kebangsaan dikenang hari ini di hari pahlawan adalah sebuah nasionalisme yang di landasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit.

Pahlawan masa kini (Kekinian,red) adalah orang-orang yang mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan positif. Ada 8 orang pahlawan kekinian di Inhu yang mendapat penghargaan dari Polri diserahkan oleh Polres Inhu dalam upacara 10 November 2017. 8 orang tersebut dinilai berjasa terhadap kepolisian dalam menciptakan Situasi Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas). Dimana dalam perjuangannya berhasil mendirikan Rumah kantor (Rukan) untuk Bhabinkantibmas.

8 Orang tersebut, dinilai sudah berjasa dan layak mendapatkan penghargaan dari Polri sebab, dengan semangat persatuan dan gotoroyong mereka berhasil membangun Rumah kantor (Rukan) di berukuran 6x8 meter bangunan permanen di dusun I desa Sencanojaya dengan material diperoleh dari swadaya masyarakat desa Puntikayu, Sencanojaya dan desa Sungai Aur kecamatan Batang Peranap.

Kapolres Arif Bastari menyampaikan amanat Menteri Sosial RI dalam upacara 10 November 2017, sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno ikrarkan bahwa "My Nationalism Is Humanity" sebuah nasionalisme yang di tegaskan dalam pidato 1 Juni lahirnya pancasila bahwa nasionalisme hanya bisa hidup subur di dalam tamansarinya internasionalisme.

"Dengan diberikan penghargaan tersebut, bisa menjadi pemucu dan penggerak bagi Kades serta masyarakat lainnya di Inhu untuk bisa bekerja sama dalam mencuiptakan Situasi Kantibmas yang kondusif," kata Kapolres berbincang dengan pemimpin redaksi pelitariau.com Jum,at (10/11/2017).

Sebelumnya, pada tanggal 24 april 2017 pembangunan Rukan dilaksanakan dengan peletakan batu pertama oleh kapolsek peranap AKP Anisman yang dihadiri oleh para Kades, ketua KUD Bukit Makmur dan tokoh masyarakat 3 desa tersebut.

Sejak awal peletakan batu pertamma, bangunan Rukan dikerjakan secara gotoroyong oleh masyarakat tiga desa tersebut dan saat ini kondisi bangunan Rukan Bhabinkantibmas sudah tuntas dikerjakan. "Ucapan terimakasih kami ucapkan kepada pemerintahan desa dan masyarakat yang sudah bergotoroyung membangun Rukan ini," ucap Brigadir Edi Candra yang menjabat sebagai Bhabinkantibmas di 3 desa tersebut.

Bangunan Rukan tersebut diatas tanah dengan Surat hibah tanah dari Kades Sencanojaya yang diketahui camat Batang peranap nomor surat: 01/140/DS-SJ/593.31/III/2017 dengan luas tanah 40x175 m. **

8 Orang Pahlawan "Kekinian" Terima Penghargaan

8 Orang Pahlawan Kekinian berjasa dalam membangun Rukan Bhabinkantibmas di desa Sencanojaya adalah:

1. Brigadir Edi Candra Bhabinkamtibmas Desa Punti Kayu Kecamatan Peranap, Sebagai Bhabinkamtias terbaik membangun Rukan dari dana murni swadaya masyarakat 3 desa (Desa punti Kayu, Desa sencano jaya, Desa sungai aur).

2. Bisron Yaroni kepala desa sencano jaya menghibahkan sebidang tanah untuk bangunan Rukan Bhabinkantibmas.

3. Surman Pasaribu kepala desa Punti Kayu berpartisipasi dalam pembangunan rumah kantor Bhabinkantibmas.

4. Muktar Ali kepala Desa Sungai Aur berpartisipasi dalam pembangunan rumah kantor Bhabinkantibmas.

5. Irwan Ritonga ketua pelaksanak pembangunan berpartisipasi dalam pembangunan rumah kantor Bhabinkantibmas.

6. Hulman Pasaribu wakil ketua pelaksanak pembangunan berpartisipasi dalam pembangunan rumah kantor Bhabinkantibmas.

7. Suwanto sekertaris pelaksana pembangunan berpartisipasi dalam pembangunan rumah kantor Bhabinkantibmas.

8. Tugimanto bendahara pelaksana pembangunan berpartisipasi dalam pembangunan rumah kantor Bhabinkantibmas.‎

Semantara itu, sebelumnya, Camat Batang Peranap Watno berbincang dengan pelitariau menjelaskan, kalau masyarakat tiga desa diantaranya desa Sencanojaya Desa Puntikayu dan desa Sungai Aur tempat bertugasnya Brigadir Edi Candra, sangat mengenal dan merasa dekat dengan Brigadir Edi Chandra. "Masyarakat berharap Bhabin Brigadir Edi Chandra menetap dikampungnya, jika ada polisi ditengah-tengah mereka (masyarakat,red) mereka terasa aman," ucapnya.

Sejak Brigadir Edi Chandra bertugas sebagai Bhabin, ujar Camat Watno, memang keberadaan dan pelayanan polisi Bhabinkantibmas dirasakan masyarakat begitu bagus. Berbagai persoalan dan keluhan masyarakat yang diadukan kepada Bhabin Brigadir Edi Chandra cepat tanggap. "Masyarakat merasa diayomi oleh polisi, makanya mereka mau polisi menetap diakmpungnya," jelasnya.

Diakui camat Watno, keberadaan Bhabinkantibmas di desa dan menetap di Rukan yang disediakan, membuat masyarakat merasa aman dan nyaman serta merasa tenang. "Ada dua desa lagi yang akan membuat Rukan untuk Bhabinkantibmas, bangunan Rukan tersebut dibuat secara swadaya," jelasnya. **Ram/zp

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved