DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Ikut Lakukan Panen, Kolam Ikan Masyarakat Rohil Berhasil

Editor :Ramdana Kamis,12 Oktober 2017 | 16:03:02 WIB
Bupati Ikut Lakukan Panen, Kolam Ikan Masyarakat Rohil Berhasil Ket Foto : Bupati Rohil H Suyatno MP mendapingi Gubri dalam menyerahkan kartu klaim asuransi untuk masyarakat Rohil

PELITARIAU.com - Untuk meningkatkan tarap ekonomi masyarakat yang bergantung di sumber kehidupan nya sebagian besar masyarakatnya merupakan nelayan yang sehari-hari bergantung akan hasil laut. Terdapat pula di bagian lain kecamatan masyarakat yang mencari ikan sebagai sumber kehidupan ada juga berasal aliran sungai Rokan.

Bupati Suyatno menyampaikan apresiasi kepada kelompok koperasi bina usaha bersama yang telah berhasil memanen ikan jenis patin. Ia berharap usaha ini bisa terus ditingkatkan dan dikembangkan agar perekonomian masyarakat di kelurahan bagan barat nantinya bisa tumbuh meningkat. "Ini sangat luar biasa, selain tempatnya yang menakjudkan kolamnya juga terlihat indah karena dibuat secara manual dengan menggunakan cangkul," Pujinya.

Orang nomor satu di negeri seribu kubah itu juga mengakui kalau jalan karya menuju ke kolam ikan tersebut memang rusak parah akibat sering dilalui gerobak yang membawa bahan kayu ke galangan kapal. "Saya sudah minta dinas kimpraswil dan penataan ruang untuk segera memperbaikinya. Dengan begitu nantinya masyarakat tidak kesulitan lagi mengeluarkan hasil panennya," Ujarnya.

Disebutkan, Keberhasilan koperasi bina usaha bersama ini tentunya bisa dijadikan sebagai panutan. Karena apabila semua masyarakat memiliki kolam ikan seperti ini maka sangat diyakini perekonomian hidupnya akan sejahtera dan makmur. "Untuk kebutuhan lokal saja pasokannya 200 kilogram (Kg) perharinya. Maka dari itu kembangkanlah dan manfaatkan lahan yang ada untuk membuat kolam. Mengenai bibitnya akan dibantu oleh pemerintah melalui instansi terkait," Pintanya.

Bantu Bibit Ikan, Pemrov Juga Bantu KAN Rp 160 Juta

Restocking benih ikan Baung merupakan diprogramkan Dinas Perikananan Provinsi Riau yaitu sebanyak 58.500 ekor untuk di tebarkan di Sungai Rokan dan di sungai Pulau Tilan.  

Selain penebaran bibit dikesempatan itu Pemerintah Provinsi Riau juga menyerahkan klaim Asuransi dan Kartu Asuransi Nelayan (KAN) senilai Rp 160 Juta. Kemudian penyerahan bingkisan kepada 70 orang Khalifah yang berasal dari disekitar Sungai Rokan.

Penebaran bibit ikan ini juga di saksikan oleh Wagubri, H. Wan Tamrin Hayim, Kadis Perikanan Provinsi Riau, anggota DPRD Provinsi Riau, H.Asri Auzar, Karmila Sari, Siswaja Muljadi.

Turut juga hadir pada kegiatan tersebut Forkopimda Rohil, Sekretaris Daerah H. Surya Arfan Msi, para Anggota DPRD dan para kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Penebaran bibit ikan ini merupakan salah satu bentuk penyelamatan populasi ikan baung yang mulai berkurang akibat pencemaran air sungai dan proses sedimentasi.

Dikesempatan itu, Gubernur Riau, Ir Arsyadjuliandi Rahman mengatakan, menebar bibit ikan baung di Sungai Rokan sengaja diprogramkam pihaknya melalui Dinas Perikanan,bertujuan agar potensi ikan baung di Sungai Rokan Rohil bisa lebih kembali meningkat, karna populasi ikan baung sudah berkurang akibat pencemaran limbah di sungai Rokan.

"Menebar benih ikan baung, tentinya potensi sungai rokan akan lebih meningkat. Sungai tidak hanya sebagai  transportasi, harus di manfaatkan untuk menumpang hidup masyarakat, khususnya para nelayan yang ada ditanah putih," kata Gubri Andi Rachman.

Gubri berharap tiga tahun akan datang, benih ikan yang disebarkan kedalan sungai Rokan  tersebut sudah bisa beranak pinak.

"Mudah-mudahan nanti panen ikan baungnya bisa lebih banyak, sehingga hasilnya dapat mencukupi kebutuhan masyarakat dan nelayan setempat," Harap Gubri. **Adv/Jarmain

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved