DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Tak Pernah Lakukan RAT, Dibekukan 88 Koperasi di Kuansing

Editor :Kasmalinda Jumat,21 Juli 2017 | 01:45:00 WIB
Tak Pernah Lakukan RAT, Dibekukan 88 Koperasi di Kuansing Ket Foto : ilustrasi

PELITARIAU, Kuansing - Sebanyak 88 buah Koperasi bakal dibekukan dari 188 buah Koperasi yang terdapat di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) pada tahun 2017. Pembekuan terhadap 88 buah koperasi tersebut dinyatakan sudah tidak pernah melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT).

"Jadi dari 188 buah koperasi yang ada di Kuansing, hanya sekitar 100 koperasi yang melakukan RAT setiap tahunnya," ungkap Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perdagangan, Pasar dan Industri Kabupaten Kuantan Singingi, H Tarmis, SPd, MH melalui Kabid Koperasi UMKM Yuhefri S Sos didampingi Hendri Raham SE kepada pelitariau.com diruang kerjanya.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi UMKM (Permenkop UMKM) nomor 10 Tahun 2012 tentang kelembagaan Koperasi, bahwa apabila suatu koperasi tidak melakukan RAT tiga tahun, dianggap sudah bisa dibubarkan langsung oleh Menteri.

"Jadi pembekuan koperasi itu langsung dilakukan oleh Menteri, sesuai PermenKop UMKM, " paparnya.

Dijelaskannya, yang dapat membekukan koperasi disebuah daerah hanya oleh Menteri dan bukan kewenangan daerah. Sedangkan daerah hanya memberikan laporan sesuai dengan kegiatan koperasi di Kuansing, apakah koperasi tersebut melakukan RAT atau tidak.

Ditambahkannya, dengan dibekukannya sebanyak 88 buah koperasi dari 188 buah tersebut, maka Dinas Koperasi UMKM Perdagangan Pasar dan Perindustrian, maka hanya sekitar 88 unit koperasi yang bakal dibina yang dinyatakan aktif atau untuk dimajukan masa mendatang. **Kas

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved