DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemkab Bengkalis Sambut Baik Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil

Editor : Jumat,31 Oktober 2014 | 08:53:00 WIB
Pemkab Bengkalis Sambut Baik Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Kecil Ket Foto : Sekda Bengkalis, H. Burhanuddin saat memberikan kata sambutan pada acara ekspose zonasi wilayah pesisir dan pulau pulau kecil

PELITARIAU, Bengkalis - Pembentukan Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di kabupaten Bengkalis disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Seperti yang diungkapkan Bupati yang diwakili oleh Sekretaris Daerah kabupaten Bengkalis, H. Burhanuddin saat memberikan kata sambutan pada acara expose penyusunan zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di kabupaten Bengkalis di aula lantai II kantor Badan perencenaan dan pembangunan Daerah (Bappeda ) kabupaten Bengkalis, Kamis (30/10).

 

Dalam acara ini turut dihadiri Ketua TIm POkja Komite Pembia Peyusunan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil kab Begkllias, kepala Bapedda, Kadis perikanan dan kelautan. Ketua tim teknis komite pembina wisma kencana zonasi wilayah pesisir da pulau-pulau kecil dari BPPT da BPSPL Padang, Camat wilayah pesisir dan kelompok masyarakat pesisir.

 

"Saya menyambut baik penyelenggaraan ini yang dilaksanakan bersama Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, bersama Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kelautan Dan Perikanan," ujar Sekda. 

 

"Wilayah pesisir dan pulau-pulau di Indonesia memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati terbesar didunia karena di dukung dengan sumber daya hayati dan non hayati yang bernilai tinggi seperti terumbu karang, ekosistim mangrove, mineral, minyak bumi dan sumber daya lainnya," ungkanya.

 

Diungkapkan sekda, dengan kondisi tersebut, maka pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil menjadi alternatif utama arah pembangunan, sumber daya wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil menjadi harapan sebagai sektor pembangunan unggulan daerah regioal dan nasional.

 

"Kabupaten Bengkalis yang terletak di pesisir timur pulau Sumatera dimana sebagian wilayahnya berupa kepulauan dan wilayah di Provinsi Riau karena berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. wilayah Kabupaten Bengkalis memiliki kawasan pesisir yang luas dan memiliki pulau-pulau kecil dengan kandungan kekayaan sumber daya alam dengan tingkat keanekaragaman yang cukup tinggi,"

 

Berdasarkan letak geografis dan kondisi perairan, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang potensial untuk pengembangan kegiatan di sektor kelautan pesisir kelautan dan pulau-pulau kecil. Potensi sumber daya alam wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang cukup besar tersebut sampai saat ini belum berkembang dan dikembangkan secara optimal.

 

"Pembangunan diwilayah pesisir Kabupaten Bengkalis selama ini selain menghasilkan mannfaat yang positif juga berdampak pada timbulnya permasalahan ekologis dan budaya masyarakat yang pada akhirnya merupakan keberlanjutan pembangunan. Kondisi ini ditunjukkan juga dengan pembangunan diwilayah pesisir selama ini belum mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir," imbuhnya.

 

Rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil juga di sebut Sekda dapat memajukan secara sosial fungsi-fungsi kegiatan pengawasan ruang baik antar sektor maupun antar wilayah administrasi pemerintahan.

 

"Besar harapan kami dengan tersusunnya dokumen rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kabupaten Bengkalis ini dapat menjadi landasan bagi pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menyusun rencana progra diwilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kabupaten Bengkalis,"

 

Pemerintah Bengkalis juga memberikan apresiasi kepada BPSPL Padang yang melaksanakan kegiatan tersebut.

 

"Pemerintah kabupaten Bengkalis sangat mendukung dan memberi apresiasi dan terima kasih kepada kementrian kelautan dan perikanan Republik Indonesia Melalui BPSPL Padang yang telah mengalokasikan anggaran serta melaksanakan kegiatan penyusunan rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kabupaten Bengkalis," tutupnya sebagaimana diberitakan Bengkalisone

 

Editorial: Rio Ahmad

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

BERITA TERKINI
shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved