DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Ultah Kelenteng Marga So Ciu: Sekda Rohil Minta Masyarakat Menjaga Kerukunan Umat Beragama

Editor :Jarmain Senin,10 Juli 2017 | 15:53:19 WIB
Ultah Kelenteng Marga So Ciu: Sekda Rohil Minta Masyarakat Menjaga Kerukunan Umat Beragama Ket Foto : Sekda Rohil Drs H Surya Arfan memberikan kata sambutan acara ulang tahun kelenteng suku So Ciu

PELITARIAU, Rohil- Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hilir (Rohil) Drs H Surya MS,i menghadiri acara Ulang Tahun (Ultah) Kelenteng Marga So Ciu, Senin Malam (9/7/2017). 

 

Tidak hanya Sekda bahkan Kejari Rohil Bima Suprayoga, Anggota DPRD H Tatang Hartono, Kadisparpora H Ali Asfar, Kadis Koperasi dan UKM Wanzirman Yunus, Kepala BPBD Azhar serta ketua Marga So Ciu saudara Adrian tampak hadir dalam ultah Kelenteng Marga So Ciu tersebut.

 

Ketua Panitia acara ultah Songinli mengatakan acara ini acara tahunan untuk dewa O Ho Thai Chiong Khun. Kami sejarah kita sama dengan acara Bakartongkang, jadi kalau acara bakar tongkang itu biasanya harus dewa harimau sebagai pembuka jalan. Makanya kalau acara bakar tongkang pasti menungu kelenteng kita datang baru bisa mulai acaranya.

 

"Acara kita ini menurut sejarahnya, kelenteng ini berdiri pada tahun 1985. Makanya, tiap tahunya kelenteng So Ciu ini melaksanakan kegiatan seperti ini. Hampir setiap tahunnya kegiatan ini kita laksanakan dan pengunjung pun makin lama makin ramai, baik itu dari Dumai, Pekanbaru, Medan bahkan dari Jakarta yang berdatangan di kelenteng So Ciu ini," Sebut Songinlin kepada awak media.

 

Sekda Rohil Drs H Surya Arfan menyebutkan, pemerintah daerah Rokan Hilir menyambut baik kepada panitia kelenteng Marga So Ciu yang telah mengelar acara seperti ini. 

 

"Tentunya Ultah ini semakin mempererat kekeluargaan mereka, kekompokan, kerukunan dan kebersamaan atara mukti marga yang ada di Rokan Hilir ini. kita berharap juga yang bermacam-macam suku yang ada di rokan hilir ini seperti suku melayu, jawa, tionghua, batak, tapa nuli dan lain sebagainya di harapkan tetap menjalin kerukunan umat beragama," terangnya.

 

Sebut Surya, ini suatu kebanggaan kita ternyata mereka menghormati budaya kita seperti telah kita lihat tari persembahan dan tarian sampang 12 tersebut bahkan artis tionghua tersebut juga menlantunkan lagu melayu dengan judul Nirma. 

 

"Harapan kita, hentikan semuanya sipatnya perbedaan itu kita harapkan kedepannya mari kita pikirkan, seandanya ada masalah mari kita pikirkan sama-sama, jagan terus menghujat-hujat atau mencaci maki itu buka mencari solusi. Bahkan itu yang akan menimbulkan persoalan yang lain nanti. Untuk itu, surya arfan berharap mari kita sama-sama membangun rokan hilir yang maju,"ujarnya. ***Jr

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved