DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

7 Lokasi Wisata Bersejarah Terpopuler di Jakarta untuk Liburan And

Editor :Affandi Senin,10 Juli 2017 | 08:33:00 WIB

Jakarta memang identik dengan Kota Metropolitan yang menjadi pusat bisnis dan pemerintahan. Namun jika ingin melihat sisi lainnya, datanglah ke berbagai lokasi wisata sejarahnya. Di sana, Anda bisa merasakan suasana Jakarta tempo dulu, ketika para pahlawan sedang gigih memperjuangkan kemerdekaan. Untuk mengisi liburan, beberapa destinasi wisata bersejarah di Jakarta berikut ini tentu bisa menjadi lokasi yang menarik untuk Anda kunjungi.

1.Museum Bank Indonesia

Sumber : everybodygoesblog.com

Saat berlibur ke kawasan Kota Tua, sempatkan juga untuk singgah ke Museum Bank Indonesia. Museum ini berada di depan pintu masuk Stasiun Jakarta Kota atau lebih tepatnya di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 3. Di dalam museum, terdapat berbagai koleksi mata uang yang pernah beredar di Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Selain itu, ada juga beragam alat peraga yang menggambarkan sejarah perjalanan Bank Indonesia sebagai lembaga keuangan negara.

2. Kota Tua

Kota Tua Jakarta merupakan destinasi wisata sejarah yang tidak pernah sepi pengunjung. Di lokasi ini berdiri beberapa bangunan megah bekas peninggalan masa pemerintahan kolonial yang hingga kini masih terawat dengan baik. Bangunan-bangunan tersebut kini beralih fungsi menjadi museum-museum yang menyimpan beragam koleksi benda bersejarah serta karya seni dari zaman kerajaan Tarumanegara hingga masa pemerintahan Hindia-Belanda berakhir.

3. Monumen Nasional (Monas)

Berlibur ke Jakarta belum lengkap rasanya jika Anda tidak mampir ke Monas. Pada tahun 1961, tugu setinggi 132 meter tersebut dibangun sebagai bentuk persembahan atas perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka. Di museum tersebut, Anda dapat menyaksikan berbagai diorama yang menggambarkan berbagai kisah perjuangan dari masa penjajahan hingga pasca-kemerdekaan. Selain itu, ada juga sebuah lift yang bisa Anda manfaatkan untuk melihat hamparan Kota Jakarta dari puncak Monas.

4.Museum Nasional

Tidak jauh dari Monas, terdapat sebuah bangunan megah bergaya Eropa yang bernama Museum Nasional Republik Indonesia. Museum tersebut menyimpan banyak koleksi bersejarah sejak zaman purbakala dari berbagai belahan dunia. Di sana, Anda dapat menyaksikan ratusan koleksi batik, arca, miniatur rumah adat, alat musik, serta berbagai kerajinan khas dari seluruh Nusantara.

5.Museum Bahari

Museum Bahari dahulu digunakan oleh VOC sebagai gudang untuk menyimpan rempah-rempah. Bangunan ini didirikan pertama kali pada tahun 1652 dan pernah mengalami renovasi beberapa kali. Di tahun 1977, gedung tersebut secara resmi beralih fungsi menjadi Museum Bahari. Kini, Anda dapat melihat berbagai koleksi perahu yang dahulu sempat digunakan oleh para nenek moyang untuk mengarungi luasnya perairan Nusantara.

6.Rumah Si Pitung

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama si Pitung, seorang pendekar dari Betawi yang disegani oleh para penjajah. Saat ini, rumahnya di Marunda menjadi objek wisata sejarah yang banyak dikunjungi para wisatawan. Tidak hanya untuk mengenang perjuangannya, para wisatawan juga senang berkunjung ke Rumah si Pitung karena desain bangunannya yang unik dan megah, yakni berupa rumah panggung dari kayu.

7.Galangan Kapal VOC

Kawasan Jakarta Utara hingga kini masih menyisakan cukup banyak peninggalan masa lalu yang berkaitan dengan bahari atau kelautan. Salah satu yang masih terjaga dengan baik adalah Galangan Kapal VOC. Meskipun bagian depan gedung sudah beralih fungsi menjadi restoran, namun Anda tetap bisa memasuki bagian dalam dan belakang bangunan cagar budaya ini. Di sana, masih ada koleksi-koleksi benda bersejarah saat bangunan tersebut masih menjadi kantor dagang VOC.

Saat berlibur ke Jakarta, pastikan Anda menginap di lokasi yang aman dan nyaman. Untuk itu, gunakan aplikasi Airy Rooms yang bisa Anda peroleh secara gratis melalui Google Play Store atau App Store.

Sebagai jaringan hotel terbesar di Indonesia, Airy Rooms bisa membantu Anda mendapatkan kamar hotel di Jakarta dengan harga terjangkau. Seluruh kamar yang Anda pesan dipastikan sudah dilengkapi AC, WiFi gratis, kamar mandi air panas, perlengkapan mandi, TV, dan air minum gratis. Jadi, Anda bisa berlibur dengan nyaman tanpa harus menguras isi tabungan.

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved