DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kelompok Tani Beken Jaya Panen Bawang Merah

Editor :Kasmalinda Rabu,05 Juli 2017 | 11:16:45 WIB
Kelompok Tani Beken Jaya Panen Bawang Merah Ket Foto : Foto: Panen Bawang Merah kelompok Tani Beken jaya

Pelitariau, Kuansing- kelompok Tani  Beken Jaya Yang berada di Desa Benai Kecil Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi Riau tidak mau tinggal diam , hal tersebut di buktikan bahwa  setelah beberapa waktu lalu melakukan panen cabe merah, sekarang kelompok tani Beken jaya melakukan  panen bawang merah.

Panen  bawang Merah  Selasa 04/07/2017 kemaren yang dilakukan oleh ketua kelompok tani yunisman yang merupakan mantan kepala  desa  Benai kecil yang sekarang telah fokus untuk mengolah lahan yang ada untuk melakukan berbagai macam bibit tanaman pertanian.

Selanjutnya yunisman mengisahkan bahwa dalam pengembangan budidaya  bawang merah ( BM ) tidak lagu mudah akan tetapi  tidak salah rasanya mencoba,  Dan waktu itu memang saya mengalami kegagalan dalam budidaya Bawang Merah namun Tidak pernah patah semangat saya untuk membudidayakan BM  tersebut.

Sebelumnya  yunisman mendapat pukulan atau cemoohan " Tanam bawang merah  tumbuh kucai " itu yang langsung dengar oleh telinga saya namun ini jadi motivasi serta cambuk tersendiri buat saya, urai mantan kades tersebut.

Yang saya kembangkan 100kg bisa buat bibit 3kg, kemudian berkembang alhamdulilah sampai saat ini sekitar 50kg bibit  dan dalam pengeringan 60kg. Karena blm dipasarkan karena harga bibit terlalu mahal sekitar Rp.40 Ribu , karena budidaya BM butuh dana besar buat beli bibit/ biji. Karena itu petani tidak bisa berdiri sendiri tanpa sentuhan pemerintah dalam mensupport kegiatan ini. Mudah mudahan kerjasama yang kelompok tani dan dinas terkait kelompok tani BEKEN JAYA makin Jaya, harapnya.

Berkaitan dengan hal tersebut kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan Ir.Maisir saat di konfirmasi mengatakan bahwa dirinya sangat memberikan apresiasi kepada kelompok Tani Beken jaya tersebut yang tidak henti hentinya menggali potensi pertanian yang ada melalui lahan yang di miliki masyarakat Benai kecil , beliau berharap kepada masyarakat agar menjadikan Kelompok tani Beken Jaya menjadi kelompok Tani Percontohan di Kuansing, harap Maisir.

Selanjutnya seorang pemuda asal Benai  kecil Ahmadi yang senantiasa mengawali dan memperhatikan kelompok tani beken jaya yang tak  henti nya berkarya di berbagai tanaman,  kelompok beken jaya lg sibuk panen bawang merah, karena faktor lahan la yg membuat petani beken jaya agak terhambat dan beberapa hal lain nya , kelompok tani beken sangat berharap bantuan dari Pemerintah khususnya kuansing, supaya bisa menghasilkan skala besar serta butuh bimbingan teknis dalam budidaya dan support benih / bibit, tambahnya.***kas (6)

 

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved