DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Airnya Berwarna Hitam dan Berbau Busuk di Anak Sungai Simpang Kanan, Ini Dugaan Penyebabnya

Editor :Andri Subakti Selasa,04 Juli 2017 | 15:26:10 WIB
Airnya Berwarna Hitam dan Berbau Busuk di Anak Sungai Simpang Kanan, Ini Dugaan Penyebabnya Ket Foto : kondisi air di anak sungai simpang kanan, selain berwarna hitam juga menimbulkan bau menyengat

PELITARIAU, Rohil - Sudah 12 tahun terakhir, anak sungai yang berada di perbatasan antara Kepenghuluan Bagan Nibung dengan Kepenghuluan Simpang Kanan Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Rokan hilir (Rohil) berwarna hitam dan menimbulkan bau menyengat. Tidak terlihat adanya kehidupan spesies ikan dan sejenisnya dalam anak sungai sepanjang lebih kurang 2 KM tersebut.

Tidak ada terlihat perhatian pemerintah Kabupaten Rohil dan aparat penegak hukum dari Polres Rohil yang peduli dengan kondisi tercemarnya anak sungai di Simpang Kanan tersebut, ribuan rumah warga yang dulunya menggunakan air anak sungai simpang kanan saat ini tidak lagi terlihat.

Sesekali masyarakat yang memiliki hewan ternak di sepanjang anak sungai simpang kanan, terlihat, menghalau hewan ternaknya yang hendak minum air anak sungai Simpang Kanan tersebut. "Kami kawatir kalau hewan ternak kami keracunan jika minum air dari anak sungai Simpang Kanan," kata Sutar, peternak sapi di Dusun Suka Makmur Kepenghuluan Bagan Nibung Kecamatan Simpang Kanan berbincang dengan pelitariau.com belum lama ini.

Berdasarkan informasi yang diperloleh pelitariau.com Selasa (4/7/2017) anak sungai Simpang Kanan mulai berubah berwarna hitam dan menimbulkan bau busuk menyengat, akibat adanya limbah cair yang dialirkan oleh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Simpang Kanan Lestarindo (SKL) di Kecamatan Simpang Kanan.

Informasi yang bisa dipercaya, dalam waktu dekat ini instansi terkait yang ada di Pemerintahan Kabupaten Rohil, akan melakukan peninjauan langsung dan pengambilan sampel air anak sungai Simpang Kanan. "Kami berharap anak sungain Simpang Kanan segera dilakukan penormalisasian atau pendalaman sungai," kata Edo Syahputra warga setempat. **ADR/Jar

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved