DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Wabup Halim Panen Cabai di Benai Kecil "Hasil Ini Sebagai Motifasi Petani

Editor :Yudha Senin,05 Juni 2017 | 22:27:32 WIB
Wabup Halim Panen Cabai di Benai Kecil Ket Foto : Wakil Bupati Kuansing H Halim melakukan panen raya cabai merah di Kecamatan Benai Senin (5/6/2017)
PELITARIAU, Kuansing - Wakil Bupati Kuantan Singing H Halim Senin sore (5/6/2017) melakukan panen raya cabai keriting  di kebun Kelompok tani (Poktan) Beken Jaya LABA F1 Desa Benai Kecil Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.

Dikesempatan itu Wakil Bupati H Halim merasa sangat bangga melihat keberhasilan para petani cabai yang sudah berhasil dalam pengembangan budidaya Cabai Merah di Kabupaten Kuansing khususnya di Desa Benai Kecil ini. "Capaian dari hasil panen budidaya pengembangan cabai merah keriting di Benai Kecil ini akan dapat memotivasi bagi Poktan lainnya," harap H Halim.

Selanjutnya Halim mengatakan bahwa Pemerintah akan mensupport penuh kepada para petani dalam pengembangan budidaya cabai merah keriting ini. Karena selama ini, kebutuhan cabai merah di Kuansing dipasok dari Provinsi Sumatera Barat. Kedepan kita berharap, daerah kita akan bisa menjadi sumber produksi cabai merah keriting harap Wabup.

Dalam kesempatan tersebut Wabup H Halim mengapresiasi keberhasilan kelompok tani dapat mengembangkan budidaya cabe "ini  keberhasilan swadaya pertanian masyarakat yang perlu kita apresiasi" ujar Halim sambil mengacungkan jempol.

Hal ini Membuktikan bahwa petani kita mampu bersaing dengan petani lain dan bersaing dipasar. "kalau begini hasilnya tentu tidak akan kalah produk pertanian kita dengan hasil petani lain dipasaran. Kita mampu mencukupi kebutuhan pokok kita terutama komiditi cabe Keriting ini.

Kedepannya Wabup Halim berharap, banyak komoditi lain yang bisa dikembangkan di daerah kita. Salah satu komodi yang mempunyai peluang adalah Durian mo saking yang lagi buming saat ini.

Kabar gembira juga disampaikan Wabup Halim terkait replating gratis dari pusat yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, syaratnya harus dalam bentuk kelompok tani. Wabup memberi arahan kepada OPD terkait agar peka dan aktif terhadap dana dari pusat yang dapat kita salurkan ke petani.

Terkait aspirasi dari Koptan Beken Jaya Kecamatan Benai Pemkab Kuansing  sudah menganggarkan pada kegiatan tahun ini. Wabup Halim juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menjual lahan lagi "mari kita kelola lahan kita sendiri, untuk meningkatkan kesejahteran". Mengenai sumur bor H.Halim meminta  Dinas terkait untuk dijadikan catatan dinas terkait.

Sementara itu Kadis Pertanian Kuansing Ir.Maisir mengapresiasi keberhasilan Kelompok Tani Beken Jaya Desa Benai Kecil ini. Mudah- mudahan kedepan Komoditi cabai ini akan mampu menopang ketersediaan cabai di Kabupaten Kuantan Singingi ini.

Selain itu tambah Maisir, Dengan hasil panen cabai ini memberikan keuntungan kepada petani dan secara otomatis kesejahteraan petani cabai akan mendapat keuntungan yang cukup besar harap Maisir. Sementara itu, Dihadapan Wakil Bupati Kuantan Singingi H Halim, Yunisman (42) Ketua Poktan Beken Jaya Benai Kecil yang juga terpilih sebagai petani Hortikultura teladan di Kuansing 2017 ini mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Bapak Wakil Bupati yang sudah sudi hadir di acara Panen Raya Cabai Keriting Laba F1 Kelompok Tani Beken Jaya ini.

Ditambahkannya, Keberhasilan Kelompok Tani Beken ini dalam mengembangkan tanaman Hortikultura cabai keriting ini tak lain atas dukungan Pemkab Kuansing selama ini.Selain itu karena Kelompok selalu bekerja keras, berusaha dengan tekun dan sabar.

Selain itu tambah Mantan Kades Benai Kecil ini, Alhamdulillah cabai Koptan sudah membuahkan hasil dan sudah dipanen. Mudah- mudahan dengan panen cabai merah ini akan bisa memperoleh keuntungan yang besar nantinya. Bibit yang digunakan saat ini yakni bibit LABA F1 cap Panah Merah.

Sedangkan Pengolahan lahan cabai masih manual yakni pengemburan tanah serta pemberian pupuk Dolomit dan penaburan kompos 1kg per batang dan kimia kemudian diaduk rata. Sedangkan pemasangan irigasi dan penyediaan drum. Selanjutnya dilakukan pemasangan mulsa serta Lubangi mulsa siap tanam.

Dikesempatan itu Yunisman juga mengusulkan Ke Pemkab Kuansing untuk Koptan Beken Jaya. Terutama Poktan Butuh Cultifator dan  handtraktor. Selajutnya Koptan juga Butuh sumur bor untuk tanaman cabai harap Yunisman. **Kasmalinda.

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved