DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Rapat Kordinasi, Polres Kuansing Pantau Ketersediaan Pangan

Editor :Ramdana Sabtu,13 Mei 2017 | 13:35:34 WIB

PELITARIAU, Kuansing – Guna memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan dan komiditi lainnya jelang Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1438 H tahun 2017, Polres Kuantan Singingi menggelar Rapat Koordinasi dengan mengundang Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi.

Rakor terkait ini diselenggarakan Jumat (12/5) di aula Satlantas Polres Kuansing. Rakor dipimpin oleh Kapolres Kuansing AKBP Dasuki Herlambang, sedangkan dari Pemkab Kuansing hadir pada acara ini Plt Sekretaris Daerah Muharlius SE, MM, Kadis Pertanian Ir Maisir, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Ir Emerson dan Herlinawati perwakilan dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian.

Ada beberapa item penekanan penting yang disampaikan oleh Kapolres Kuansing dalam Rakor ini. Yaitu menyangkut ketersediaan pangan di tengah masyarakat, kemudian stabilitas harga pangan dan kepastian terhadap ada atau tidaknya distributor yang bermain keterhadap kebutuhan dan ketersediaan pangan ini.

Guna mengatasi persoalan tersebut, menurut Kapolres Kuansing, segera dibentuk Satuan Tugas (Satgas) pangan yang beranggotakan Polres Kuansing dan instansi terkait. Kemudian Pemda Kuansing harus menetapkan harga pangan yang beredar di tengah masyarakat bukan harga dari distributor. Kemudian melakukan penindakan terhadap distributor yang nakal atau bermain. Dan, disetiap hari pasar perlu dilakukan operasi pasar oleh instansi terkait.

“Saya kira secepatnya kita bentuk Satgas Pangan ini dan dikukuhkan segera sehingga bisa langsung bekerja mengawasi ketersesiaan pangan di Kabupaten Kuansing,” ujar Kapolres seraya menambah awal pekan depan satgas pangan ini sudah dibentuk dan dikukuhkan.

Sementara itu Plt Sekda Kuansing Muharlius menyampaikan, dari hasil pemantau petugas lapangan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian bahwa ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kuansing untuk tiga bulan kedepan dalam keadaan aman dan cukup.

Kendati demikian, dirinya berharap kepada Pemprov Riau untuk tetap mengawasi jalur-jalur distribusi barang menjadi tanggungjawab Pemprov Riau karena ketersediaan stok barang kebutuhan pokok masyarakat sangat dipengaruhi oleh jalur distribusi lebih khusus jalur Kuansing-Sumatera Barat.

Terkait hal lainnya yang juga disampaikan Muharlius dalam rakor tersebut bahwa pendistribusian BBM ke SPBU sampai saat ini di Kuansing masih lancar. Sedangkat terkait ketersediaan LPJ 3 Kg, terjadi kelangkaan di beberapa kecamatan pada minggu terakhir bulan Maret dan di Bulan April. “Dari hasil konfirmasi kepada agen bahwa penyebab kelangkaan itu karena antrian di SPBE dan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan LPJ 3 Kg ini,” terang Muharlius. **Kasmalinda

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved