DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bapeda Rohul Tuntaskan 9 Program Prioritas Penyusunan Akhir RKPD 2018

Editor :Yudha Selasa,18 April 2017 | 22:07:36 WIB
Bapeda Rohul Tuntaskan 9 Program Prioritas Penyusunan Akhir RKPD 2018 Ket Foto : Rapat RKPD Rohul Tahun 2018 di Aula BAPPEDA

PELITARIAU, Rohul - Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Rokan hulu (Rohul), pada hari Senin (17/4/2017) gelar rapat penyusunan rancangan akhir Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018 di Aula Pertemuan BAPEDA Rohul.

Rapat Finalisasi RKPD 2018, merupakan salah satu mata rantai proses perencanaan pembangunan daerah sebagaiaman diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Rapat Rancangan Akhir RKPD dibuka oleh Plt Bupati Rohul H Sukiman dan dihadiri Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Syaiful Bahri, Kepala Bapeda Rohul Nifzar, Kepala Dinas, Badan dan Kantor, serta para Kassubag Perencanaan pada masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Rohul.

H Sukiman menekankan kepada seluruh kepala SKPD, bahwa Penyusunan RKPD harus menjadi tindak lanjut dari Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dimulai dari tingkat desa maupun keluarahan, kecamatan, kabupaten, sampai program strategis Provinsi dan Nasional dan disusun dengan mengggunakan 4 pendekatan, baik itu pendekatan teknho ratis, politis, partisipasi, top down dan button up.

"Dengan adanya finalisasi RKPD, muncul sinkronisasi antara dokumen RPJMD, Renstra, Renja SKPD, Hasil Reses dan penelaahan pokir anggota DPRD. Sehingga RKPD menjadi kumpulan kebutuhan dan keinginan masyarakat Rohul secara keseluruhan," tuturnya.

Lanjut Sukiman, RKPD 2018 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD Rohul 2016-2021, sebab dokumen itu adalah kelanjutan dan penyempuranaan terhadap program SKPD.

“Hasil finalisasi RKPD nantinya akan menjadi acuan dalam penyusanan Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Pengajuan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2018, serta RAPBD Rohul Murni 2018," jelas Sukiman.

Sementara itu Kepala Bappeda Rohul Nifzar Rachman mengatakan, Finalisasi Penyusunan RKPD 2018 merupakan penajaman Program SKPD dari hasil entri E-Planing yang berasal dari musrenbang, Pokok Pikiran DPRD yang sudah dijustifikasi dan disandingkan dengan prioritas 2018.

Hasil Finalisasi RKPD akan disesuaikan dengan estimiasi penerimaan tahun depan. Artinya, dari semua program yang diusulkan, akan ada rasionalisasi terhadap program-program RKPD sesuai 9 Program Prioritas Pemerintah daerah yang meliputi, Peningkatan infrastruktur wilayah pedesaan dan perkotaan, pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan, kualitas dan kuantitas iklim usaha dan investasi mikro kecil menengah dan koperasi yang beradaya saing, pengembangan sektor pariwsisata daerah, peningtakan kualitas pelayanan dan tata kelola pemerintah, menurunkan tingkat kemiskinan dan tingkat pengangguran, meningkatkan ketersediaan pangan dan perkebunan, meningkatan kualitas kehidupan beragama dan kebudayaan.

"Harapan seluruhnya terlaksana, namun berdasarkan kemampuan daerah saat ini, tentunya akan ada rasionalisasi program, pemilihan tentang program yang lebih mendesak dan lebih mengacu pada RPJMD yang sudah disusun," tegasnya.

Nifzar yang sebelumnya menjabat Sekretaris Bappeda itu menerangkan, Hasil RKPD akan bersifat final, begitu RKPD ditetapkan melalui Perbup, kedepan tidak ada lagi program-program SKPD yang tercecer saat Pemkab Rohul menyusun KUA-PPAS 2018 dan APBD 2018, terkecuali adanya Regulasi baru yang mewajibkan pemerintah daerah membuat program tersebut.

"Setelah RKPD selesai, maka Pemkab Rohul akan mulai menyusun KUA-PPAS dan APBD Rohul 2018, kita harapkan pada akhir November APBD Rohul 2018 sudah disahkan DPRD Rohul," harapnya.**DRA

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved