DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kabupaten Rohul Jadi Lokasi Pencanangan TNI Manunggal KB-Kes Nasional

Editor :Ramdana Jumat,07 April 2017 | 15:45:23 WIB
Kabupaten Rohul Jadi Lokasi Pencanangan TNI Manunggal KB-Kes Nasional Ket Foto : Penandatangan Prasasti Kampung KB dalam Pencanangan TNI KB Kes tingkat Nasional di Kabupaten Rokan Hulu

PELITARIAU, Rohul - Mewakili Panglima TNI, Inspektur Jendral (Irjen) TNI Letjen Setyo Sularso, SIp membuka Pencanangan Tentara Nasional Indonesia Keluarga Berencana Kesehatan (TNI KB-Kes) tingkat nasional 2017 yang dipusatkan di lapangan kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul), Kamis (5/4/2017).

Pencanangan ditandai dengan pemukulan beduk oleh Irjen TNI, Plt Bupati Rohul, Kapolda Riau, Komandan Korem 031 Wirabima dan Sekretaris Utama BKKBN Pusat. Di kegiatan itu juga ditampilkan kesenian lokal, sehingga membuat pelaksanaan pencanangan TNI Manunggal KB-Kes Nasional kian semarak, walaupun digelar di bawah teriknya matahari.

Dalam kegiatan tersebut, hadir pula Wakil Asisten Teritorial Panglima TNI Brigjen Gatot Triswanto, Dandrem 031/WB, Brigjen TNI Abdul Hakim, Dandem 022/PT, sejumlah bupati dan wakil bupati dari 13 kabupaten/kota se-Riau, Kepala staf Korem 031 Wira Bima (WB) Kolonel Infantri Inyoman, Asisten Teritorial, Kasdam I Bukit Barisan, serta para Anggota DPRD Riau Dapil Rohul, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulisnya menyampaikan, bahwa penduduk merupakan aset penting, yang sangat menentukan maju mundurnya suatu bangsa. Sehingga aspek kualitas dan kuantitas, menjadi sangat penting diperhatikan oleh pemerintah.

“Sehingga TNI mengambil peran, ikut menyosialisasikan serta membantu pemerintah, mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, sehingga kuantitas penduduk seimbang dengan ketersediaan pangan dan energy,” ungkap

Pada 2035 nanti, pemerintah memproyeksikan jumlah penduduk Indonesia bakal tembus angka 305,6 juta jiwa. Salah satu dampak yang ditimbulkan dari ledakan penduduk tersebut, yaitu ancaman ketahanan pangan, energi serta terbatasnya lapangan pekerjaan. Salah satu antisipasi yang mungkin dilakukan, yaitu menggalakkan kembali program keluarga berencana di samping penyiapan infrastrkur dan peningkatan hasil pertanian.

Plt Bupati Rohul H.Sukiman dalam sambutannya menyambut baik kepercayaan BKKBN dan TNI kepada kabupaten Rohul untuk menjadi tuan rumah. Kegiatan tersebut merupakan contoh nyata, sinergi antara pemerintah dengan TNI, sesuai motonya “Bersama Rakyat TNI Kuat”.

“Saya berharap, anggota TNI jadi pelopor motivator dan dinamikator yang hakikatnya mendukung program pengendalian, pertumbuhan penduduk serta mewujudkan pertumbuhan penduduk yang seimbang demi masyarakat Rohul yang sehat,” imbau H Sukiman.

Sejak berdiri 17 tahun lalu, jumlah penduduk Rohul mengalami kenaikan hingga 95 persen. Upaya menekan laju pertumbuhan penduduk, Pemkab Rohul kini terus berupaya tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnnya KB, kemudian juga meningkatkan fasilitas kesehatan. Kini Rohul sudah memiliki 1 RSUD, 5 RSS, 21 Puskesms dan 89 puskemss pembantu yang seluruhnya dilengkapi dengan pelayanan dan penyuluhan KB. **Hendra

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved