DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hebat, Simpanan Anggota KUD Sapta Manunggal Rohul 2016 Mencapai Rp1,2 Milyar

Editor :Hendra Senin,20 Maret 2017 | 02:13:00 WIB
Hebat, Simpanan Anggota KUD Sapta Manunggal Rohul 2016 Mencapai Rp1,2 Milyar Ket Foto : RAT KUD Sapta Manunggal Desa Intan Jaya Rohul priode 2015-2016

PELITARIAU, Rohul - Dalam Laporan Pertanggungjawaban (LPj), Pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) Sapta Manunggal, Desa Intan Jaya, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan hulu (Rohul) Periode 2015-2016 menyampaikan, simpanan anggota KUD hingga akhir Desember 2016 lalu mencapai Rp 1.291.638.486.

Ketua KUD Sapta Manunggal, Widayadno, dalam sambutanya menyatakan dana simpana anggota meliputi simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan wajib khusus, serta donasi Sisa Hasil Usaha (SHU) per -1 Desember 2016.

"Dengan unit usaha yang dikelola oleh KUD Sapta Manunggal antara lain, unit sirtu, tanah timbun, tangkos, unit waserda, unit pupuk dan mobil angkutan", terangnya Sabtu (18/03/2017).

Turut hadir dalam LPj KUD Sapta Manunggal, Kabid Koperasi UKM Rohul Suryanto, Dewan koperasi indonesia daerah (Dekopimda) Rohul Murkhas SE, Perwakilan Management PTPN V Sei Intan (Persero) Ongku Muda Hasibuan, para Kepala desa, serta ratusan anggota yang tergabung dalam Kelompok tani (Koptan) KUD Sapta Manunggal.

Kabid Koperasi UKM Rohul, Suryanto mengatakan, Disnakerkop UKM Rohul sudah bekerjasama dengan pihak perbankan serta terdapat dana kemitraaan dari PTPN V untuk meningkatkan dan mengembangkan UKM di daerah Rohul.

"Kita akan bantu apabila ada KUD yang ingin mengajukan proposal untuk pengembangan usaha, kedepan semoga ada peningkatan kerjasama antara dinas terkait dengan KUD Sapta Manunggal untuk memajukan unit usaha", ucapnya.

Suryanto yang didampingi Kasi Pengawasan dan Pemeriksaaan, Yunaidi SSos berpesan kepada pengurus dan anggota untuk mengedepankan azas
musyawarah dan kekeluargaan jika ada persoalan yang terjadi di dalam tubuh koperasi.

Sementara dalam rapat anggota dengan metoda untuk menentukan keputusan pemilihan ketua (Voting), Slamat Warsono kembali ditunjuk sebagai Ketua KUD Sapta Manunggal Periode 2017-2018, dirinya unggul dari 5 (lima) calon lainnya.

"Saya sangat berterima kasih kepada para Koptan KUD Sapta Manunggal yang telah memberikan amanah kepada saya untuk memimpin. Kedepan, saya berharap dukungan pengurus dan anggota KUD untuk bersama-sama memajukan koperasi ini", imbuh Slamat dalam sambutannya.

Disamping itu, Ongku Muda Hasibuan yang mewakili Management PTPN V Sei Intan meminta kepada Koptan KUD Sapta Manunggal untuk melengkapi persyaratan untuk proses peremajaan perkebunan kelapa sawit (replanting).

"Menurut umur, rata-rata kapling sawit milik warga sudah cukup untuk dilakukan revitalisasi atau replanting. Karena, menurut Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), masa produktif sawit hanya sampai 25 tahun," terangnya.

Lanjut Ongku, setelah persyaratan dilengkapi, kata Ongku Pemerintah Pusat melalui BPDPKS akan memberikan bantuan pinjaman berjangka selama 5 tahun kepada petani plasma maupun petani swadaya yang bermitra dengan perusahaan produsen minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO), dan untuk biaya replanting, BPDP-KS akan memberikan bantuan Rp25 juta per Hektar (Ha). Pinjaman dibatasi, jika luas lahan lebih dari 2 kapling, akan dibantu melalui dana komersil Bank.

"Syarat yang perlu dilengkapi antara lain, KTP suami/istri, KK dan pas foto. Pengajuan dana memakan waktu 8 bulan, coba dipercepat pengajuan ke BPDP-KS agar proses replanting ini segera dilaksanakan", pintanya. **DRA

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved