DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Babinsa Koramil 04/Pangkalan Kuras Turun Kesawah Bantu Petani Menanam Padi

Editor :Yudha Rabu,15 Februari 2017 | 02:51:00 WIB
Babinsa Koramil 04/Pangkalan Kuras Turun Kesawah Bantu Petani Menanam Padi Ket Foto : Babinsa koramil 04/Pangkalan Kuras saat bersama masyarakat menanam padi

PELITARIAU, Pelalawan - Program Usus (Upaya khusus) swasembada pangan dan luas tambah tanam (LTT) yang dilaksanakan serentak di beberapa provinsi dengan tiga komoditas utama yaitu padi jagung kedelai (pajale) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah dalam tiga tahun terakhir ini dimulai pada tahun 2015 yang lalu.

Pada tahun 2017 ini, Pemerintah Presiden Jokowi bertekad untuk mensukseskan kedaulatan pangan demi tercapainya target di lapangan secara all in baik penyediaan dana, irigasi, bantuan pupuk maupun bibit varietas unggul, alsintan dan kepastian pemasaran pasca panen.

Pendampingan/pengawalan Upsus merupakan faktor penting dalam pencapaian target produksi, seperti halnya dukungan dari TNI Angkatan Darat juga diperoleh dengan ditandatanganinya MOU antara Menteri Pertanian RI dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan ini dapat terwujud pada tahun 2017 ini.

Dukungan dari jajaran TNI ini telah diwujudkan oleh Koramil 04/Pangkalan Kuras Kodim 0313/Kampar telah melaksanakan pendampingan Upsus oleh beberapa orang Babinsa di areal persawahan Desa Betung Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan. “Kami Babinsa ditugaskan untuk mengawal serta mendampingi para petani dan pada saat ini sedang melakukan penanaman bibit padi, dari luas areal seluruhnya 107 hektar, hanya 75 hektar yang bisa ditanam untuk periode tanam Oktober 2016 sampai dengan Maret 2017 ini”, jelas Serka Budi Babinsa Koramil 04/Pangkalan Kuras, Selasa (14/02/2017).

Kendalanya adalah mengingat sawah di sini sawah tadah hujan dan belum adanya irigasi, ditambah lagi umumnya cuaca pada setiap awal tahun sering kemarau sehingga terjadi krisis air. Namun demikian berbekal semangat dan pelatihan yang telah kami terima, kami Babinsa tetap mendampingi, memotivasi dan mengawal petani agar terus giat disamping untuk meningkatkan kesejahteran petani itu sendiri juga demi menyukseskan program pemerintah dengan penyerapan beras dan gabah oleh Bulog ungkap Serka Budi pada saat bersama para petani menanam padi.

Para petani bersyukur dan berterima kasih kepada Pemerintah dengan program Upsus ini serta dengan pengawalan dan pendampingan oleh Babinsa selama ini, petani menjadi semangat dan rajin bekerja dan hasil yang dicapai pun sangat memuaskan, kata bapak Taling eh Ketua Gapoktan Maju Bersama desa Betung.***Rls/Penrem 031/Wirabima

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved