DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Ketua IDI Cabang Rohul Dr Zuldi Afki Punya Tips Jitu Menghindari DBD, Begini Caranya

Editor :Hendra Rabu,15 Februari 2017 | 12:40:16 WIB
 Ketua IDI Cabang Rohul Dr Zuldi Afki Punya Tips Jitu Menghindari DBD, Begini Caranya Ket Foto : Ketua IDI Kabupaten Rohul, Dr H Zuldi Afki SPP

PELITARIAU, Rohul - Tips menghindari wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) cukup mudah, salah satu kemudahannya yaitu dengan cara membersihkan lingkungan sekitar pemukiman dinilai paling Efektif dari pada memberantas nyamuk dewasa.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Rokan hulu (Rohul) Dr H Zuldi Afki SPP, punya tips jitu dalam menghindari penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti.

"Kasus DBD berulang terus, jadi pemberantasannya itu jangan hanya fogging, peran serta masyarakat paling penting," ujar dr. Zuldi Afki, Selasa (14/2/2017) di Pasir Pengaraian.

Zuldi menuturkan bahwa hal yang paling penting dalam menghindari DBD adalah memutus siklus larva nyamuk.

"Kalau fogging hanya nyamuk dewasa, beberapa bulan kemudian larvanya tumbuh lagi. Jadi kita arahkan 3M Plus Lavitrap," jelasnya.

Zuldi mengakui saat ini IDI sudah menerapkan 3M Plus Lavitrap, yaitu penerapan 1 Rumah 1 Jumantik 3 Lavitrap atau perangkap nyamuk.

Diakuinya, IDI memang perlu terlibat dalam meminimalisir DBD di Kabupaten Rohul, yaitu dengan mendorong seluruh dokter dikecamatan memberdayakan kesehatan masyarakat, untuk memberikan pengetahuan cara pemberantasan sarang nyamuk atau PSN.

"Seluruh anggota IDI dikecamatan akan kita dorong untuk memberdayakan kesehatan masyarakat, memberikan pengetahuan ke masyarakat bagaimana cara memberantas PSN yang benar, jangan hanya harapkan fogging. fogging hanya untuk memenuhi Sugesti masyarakat," katanya.

Zuldi yang baru menjabat sebagai Ketua IDI Cabang Rohul 9 Februari kemarin itu menerangkan, hal yang paling penting dalam memberantas sarang nyamuk adalah dengan cara bergotong-royong serta membersihkan lingkungan sekitar pemukiman masyarakat.

"sejauh ini, IDI Rohul sudah menerapkan 3M Plus Lavitrap pada beberapa Puskesmas di Rohul dan selanjutnya pihak swasta pun akan dilibatkan sebagai Promotor," terangnya.***DRA

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved