DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

e-Tilang, Ini Surat Untuk Pelanggar Lalulintas Dari Polisi

Editor :Hendra Senin,19 Desember 2016 | 17:30:12 WIB
e-Tilang, Ini Surat Untuk Pelanggar Lalulintas Dari Polisi Ket Foto : Polres Rohul menggelar rapat dalam penerapat e-Tilang
PELITARIAU, Rohul - Jajaran Kepolisoan resort (Polres) Rokan hulu (Rohul) siap untuk menerapkan program dari Markas Besar, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri) terkait Aplikasi elektronik Tilang (e-Tilang), dibuktikan dengan dibahasnya Launcing Penggunaan aplikasi e-Tilang yang digelar pada Aula Polres Rohul.
 
Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto Sik mengatakan, secara keseluruhan Polres Rohul siap menerapkan sistem e-Tilang dengan cara memperbanyak terlebih dahulu sosialisasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengetahui dan memahami penerapan aplikasi tersebut.
 
"Program tersebut dapat meminimalisir atau mengurangi angka pungutan liar (pungli), mencegah aksi suap terhadap polisi, serta memutus birokrasi dan aksi dari oknum calo", Jelasnya Kapolres Jumat (16/12/2016) kemarin.
 
Mantan Kabag Binkar RoSDM Polda Riau itu menjelaskan, Program dari Mabes Polri itu sangat mendukung karena semua sistem nantinya akan berbentuk Online dan untuk petugas yang menilang akan menginput data di aplikasi E- Tilang.
 
Sementara itu, Kasat Lantas AKP Dasmaliki, melalui Kanit Regiden, IPTU Rudi Sudaryono Samosir menerangkan, masyarakat yang melanggar peraturan berlalulintas dilapangan, petugas yang berwajib akan langsung menyuruh masyarakat untuk memilih memakai e-Tilang atau secara manual.
 
Masyarakat mendapat pilihan, Jika pakai e-Tilang atau secara manual, jika memakai e-Tilang pelanggar akan diberikan kartu tilang berwarna biru, yang artinya pelanggar mengakui kesalahannya. Dan jika memilih tilang secara manual, petugas akan diberikan surat tilang berwarna merah, yang berarti pelanggar harus mengikuti persidangan terlebih dahulu lalu membayar denda tilang sesuai dengan pelanggaran.
 
“Selain mencegah pungli, penerapan e-Tilang ini sebenarnya untuk mempermudah kepada masyarakat untuk tidak harus menunggu lama dan repot mengantri di persidangan untuk membayar denda tilang", Terangnya.
 
Dalam kegiatan itu, turut hadir Kepala Kejari Rohul Syafaruddin, Perwakilan dari Pengadilan Negeri (PN) Pasir Pengaraian, Kepala BRI Pasir Pengaraian, Kepala UPT Dispenda Riau Zulkafli, Kasat Lantas AKP Dasmaliki, Serta Jajaran Satlantas lainnya di Kab. Rohul.**DRA
Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved