DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Festival Teraju Ditutup, Sanggar Tari SMP 1 Rengat dan Mistahto Kampar Pukau Penonton

Editor :Rio Ahmad Senin,21 November 2016 | 16:23:18 WIB
Festival Teraju Ditutup, Sanggar Tari SMP 1 Rengat dan Mistahto Kampar Pukau Penonton Ket Foto : H Mailiswin

PELITARIAU, Inhu - Sanggar tari SMPN 1 Rengat mampu memukau ratusan penonton saat tampil pada penutupan Festival Teraju Gawai Teater di Gedung Kesenian Indragiri, Jalan Ahmad Yani Rengat, Minggu (20/11/2016) malam.

Membawakan tarian berjudul Oncai Rimbe yang diangkat dari budaya masyarakat Suku Talang Mamak, sanggar tari peraih juara pertama Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2016 di Madano ini mampu mengkolaborasikan antara musik, gerak dan dialog masyarakat Talang Mamak dalam bercocok tanam sekaligus pelestarian lingkungan.

Selain sanggar tari SMPN 1 Rengat, penutupan Festival Teraju Gawai Teater yang diselenggarakan Dewan Kesenian Indragiri juga menghadirkan bintang tamu sanggar seni Mistahto dari Kabupaten Kampar yang membawakan beberapa kesenian tradisional masyarakat Kampar seperti lagu, tari hingga teater.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana H Mailiswin mengatakan bahwa Festival Teraju Gawai Teater merupakan event tahunan yang diselenggarakan Dewan Kesenian Indragiri. Tahun ini Festival Teraju Gawai Teater telah memasuki tahun keenam dan sejak dimulai tanggal 16 November lalu, kegiatan ini memperoleh antusiasme yang luas dari masyarakat.

“Tahun ini, ada 14 grup ataupun sanggar teater yang ikut ambil bagian, mulai dari sanggar teater pelajar, mahasiswa hingga tingkat umum. Dan berdasarkan penilaian dewan juri, ada 19 kategori pemenang yang akan mendapatkan piala, piagam serta dana pembinaan,” jelasnya.

Mailiswin juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, termasuk Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) serta Polres Inhu yang telah berkontribusi terhadap kesuksesan dan kelancaran penyelenggaraan kegiatan ini.

Sementara itu, Kepala Disporabudsata Inhu Armansyah mengapresiasi antusiasme peserta dan penonton, terutama kalangan generasi muda terhadap penyelenggaraan event ini. Menurutnya, hal ini menjadi pertanda bahwa potensi serta semangat generasi muda Inhu terhadap dunia seni teater sangat menjanjikan.

Armansyah mengharapkan, dengan semangat ini nantinya akan muncul para pelaku teater muda berprestasi Kabupaten Inhu yang mampu berbicara banyak, baik ditingkat daerah, nasional bahkan internasional.

“Apalagi tahun 2017 mendatang, Pemkab Inhu direncanakan akan menggelar sebuah kegiatan akbar yakni  festival budaya Kabupaten Inhu. Saya berharap semangat para pelaku teater Inhu dapat terus dipertahankan untuk nantinya eksis dalam kegiatan tersebut,” tambah Armansyah. (r 10)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved