DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hari Guru Nasional ke-70 di Rohil, Guru Hadapi Tuntutan Teknologi dan Informatika

Editor :Jarmain Minggu,20 November 2016 | 13:33:54 WIB
Hari Guru Nasional ke-70 di Rohil, Guru Hadapi Tuntutan Teknologi dan Informatika Ket Foto : Bupati Rohil H. Suyatno MP mengucapkan selamat kepada guru berprestasi
PELITARIAU.com - Bupati Kabupaten Rokan hilir (Rohil) menjadi inspiktur upacara dalam peringatan hari guru nasional. selain upacara peringatan hari guru juga menggelar berbagai kegiatan seperti pameran pendidikan dari SMK Nusantara dan upacara.
 
Bupati Rohil H Suyatno MP dalam sambutanya, menyampaikan kalau, pendidikan di Rohil sudah jauh berkembang dengan pesat. Pemerintah daerah mendukung kemajuan tersebut dalam bentuk sarana dan prasarana serta Sumber daya Manusia (SDM) tenaga pendidik. Hal tersebut sesuai dengan seiring tuntutan dan perkembangan zaman, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi di bidang informatika.
 
Maka seiring dengan itu pula menjadikan tantangan tersendiri bagi eksistensi guru, yang fungsi dan perannya dipandang penting dalam mencetak dan menyiapkan generasi muda bangsa yang unggul dan kompetitif, cerdas dan aplikatif yang merupakan cita-cita yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.
 
Kedepan, kualitas guru untuk mempersiapkan lulusan-lulusan anak didik yang cerdas berakhlakul karimah dan memiliki kemandirian dan tanggung jawab tehadap masa depan bangsa ini telah menjadi tanggung jawab guru baik secara kelembagaan maupun secara individual.
 
"Mengingat betapa besarnya fungsi dan peran guru, maka paradigma yang menempatkan guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, sudah tidak relevan lagi. Kedepan guru telah dipandang sebagai pekerja profesional yang diukur berdasarkan kinerja melalui sertifikasi dan dihargai sesuai dengan kinerja masing-masing," kata Bupati Suyatno.
 
Baik melalui penggajian struktural maupun penggajian fungsional, ditambah lagi pemberian insentif menurut urgensi dan kebutuhan masing masing guru. Maka,  PGRI harus selalu membangun kekuatan dan kebersamaan untuk mewujudkan guru profesional, sejahtera, dan bermartabat untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
 
PGRI hendaknya menyadari, tidak ada kemenangan tanpa kekuatan. Tidak ada kekuatan tanpa persatuan. Tidak ada persatuan tanpa berhimpun dan berserikat secara profesional untuk kepentingan pembangunan bangsa.  
 
Pemerintah bersama PGRI akan terus melakukan upaya dalam meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan lainnya.Dalam rentang waktu 16 tahun perjalanan Kabupaten Rokan Hilir, program pembangunan pada sektor pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia, selalu ditempatkan menjadi program prioritas.
 
Kebijakan pada sektor pendidikan dan peningkatan kualitas sumberdaya manusia, Pemkab Rohil menurut Suyatno terus berupaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana belajar bagi peserta didik, memberikan beasiswa dan bantuan dana bagi pelajar yang kurang mampu serta menyekolahkan siswa/siswi berprestasi diberbagai Perguruan Tinggi Nasional dan luar negeri.
 
Sedangkan kebijakan dan upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas para guru, melalui pemberian kesempatan para guru dalam memperoleh sertifikasi.
 
Saat ini pemerintah telah menyekolahkan 2.096 orang guru pada jenjang pendidikan strata satu (S1) dalam berbagai bidang studi. Jumlah tersebut barulah 20 % dari 10.423 guru yang mengajar di 901 sekolah yang tersebar pada 18 kecamatan se-Kabupaten Rokan Hilir.**
 
Benahi Dunia Pendidikan
 
Pemkab Rohil terus meningkatkan mutu pendidikan, sejauh ini telah banyak membangun dan membenahi sekolah-sekolah yang disetiap kecamatan. Bahkan, setiap tahunnya Pemkab rohil melalui dinas pendidikan (Disdik) menyekolahkan siswa yang berprestasi diberbagai perguruan ternama yang ada dinegeri ini.
 
Salah satu upaya Pemda Rohil untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan membangun, dan membenahi sekolah-sekolah yang ada. selain itu, Pemkab Rohil menyekolahkan siswa yang memiliki prestasi di perguruan tinggi dengan dibiayai oleh pemerintah. 
 
"Mengenai adanya beberapa sekolah yang rusak atau terbengkalai pembangunannya itu kebanyakan yang berstatus sekolah swasta. Kalau sekolah yang statusnya sudah negeri itu saya rasa sudah bagus semua," kata Bupati Suyatno.
 
Semantara itu, Kadisdik Rohil, Ir H Amiruddin MM mengatakan, untuk meningkatkan pendidikan para generasi muda harus bisa membangun karakter dirinya yang baik, kualitas yang baik, dan etika yang bagus. Apabila hal itu ada didalam diri generasi muda kita, maka sangat diyakini secara umumnya akan mampu membangun karakter bangsa yang baik.
 
Agar hal itu terwujud, maka para tenaga pendidik maupun orang tua untuk senantiasa memberikan pangajaran yang baik bagi anak didiknya. Untuk jumlah guru dirohil  Tidak ada kekurangan, akan tetapi hanya kurang tertata penempatanya dengan baik.
 
"Makanya kita berupaya untuk melakukan penataan terhadap para guru yang mengajar disekolah sesuai dengan kemapuan pendidikannya," kata Amiruddin.**
 
Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita 
 
Pemerintah kabupaten (Pemkab) Rokan hilir (Rohil) terus berupaya meningkatkan dunia pendidikan termasuk perbaikan sarana dan prasarana. Sekolah yang ada di Rohil terus dilakukan renofasi dan pembangunan. sesuai kebutuhan maka setiap sekolah dilakukan Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). 
 
Demikian disampaikan sempat diungkapkan mantan Wakil Bupati Rohil Erianda, saat menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2016 dengan tema "Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-cita, di Halaman Kantor Bupati Rohil, Bagansiapiapi, Senin (2/5/16).
 
"Peringatan Hardiknas yang diselenggarakan setiap tahunnya ini merupakan momentum untuk memperkuat komitmen bangsa terhadap pembangunan, khususnya di bidang pendidikan. Karena pembangunan dunia pendidikan jalan utama untuk bangkit meraih kemajuan dan kehormatan bangsa," kata Erianda saat memimpin upacara peringatan Hardiknas.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Rohil Amiruddin mengatakan, sesuai tema pendidikan merupakan corong untuk mendidik generasi penerus sebagai langkah untuk menciptakan manusia yang berkualitas.
 
"Pendidikan tentunya merupakan tanggung jawab bersama seluruh masyarakat disamping kewajiban pemerintah sebagai pihak yang melengkapi sarana dan membina tenaga pengajar," kata Amiruddin.
 
Ia mengucapkan terima kasih kepada para tenaga pendidik Rohil yang telah bersungguh-sungguh dalam mengajar para generasi muda mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi, bahkan pemkab tidak hanya sebatas memfasilitasi melainkan juga menyekolahkan siswa berprestasi ke Perguruan Tinggi Negeri ternama di Indonesia dan luar negeri.
 
"Permasalahan dunia pendidikan tidak akan pernah usai, namun harus terus disesuaikan dengan kondisi zaman. Melahirkan generasi penerus jangan tanggung-tanggung, jika mereka berprestasi kita kuliahkan dengan harapan bisa mengabdi di Rokan Hilir kelak," katanya.**
 
Kerjasama dengan Universitas Riau
 
Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan penandatangann nota kesepahaman (MoU) bersama pihak Universitas Riau (UR) di Gedung Rektorat UR, Pekanbaru, Senin 7 Maret 2016.
 
Penandatanganan ini untuk memperkuat kerja sama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyaraat serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).
 
"Pemkab Rohil dan Universitas Riau merupakan mitra kerja yang erat sejak berdirinya Rohil. Kerjasama yang dibina dalam bentuk program dna berjalan dengan baik untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa kemanusian," kata orang nomor satu Rohil disela sambutannya.
 
Menurutnya, bahwa selama ini UR selalu mampu menawarkan ide dan gagasan terkait dengan pendidikan dan riset dalam sains teknologi. Dan juga tanggap pada permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas khususnya Rohil.  Dimasa depan tantangan dan permasalahan tentunya akan semakin kompleks namun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikannya.
 
Oleh karena itu kami selaku Pemerintah Rokan Hilir ingin memperpanjang kerjasama antara Universitas Riau dan Pemkab Rokan Hilir. Dalam kesempatan itu Bupati juga memaparkan kondisi riil Rohil. Dan akan memaplikasilan visi dan misi Bupati Rohil terpilih.
 
"Jadi untuk mewudukan visi dan misi itu harus menyiapkan tenaga ahli dalam bidangnya. Dan salah satu tempat untuk menimba ilmu adalah Universitas Riau. Ini suatu kebanggaan buat kita," kata Bupati mengakhiri.
 
Sementara Rektor UR, Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA mengucapkan terima kasih kepada Kabupaten Rohil yang masih mempercayai UR sebagai mitra dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan sumber daya manusia.
 
"Sesuai dengan materi MoU kita pada momentum ini, ada tiga bidang yang menjadi fokus kerjasama antara UR dengan Pemkab Rohil, yaitu bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan sumber daya manusia," ungkap Rektor.
 
"Kami (UR-red) memiliki sumber daya manusia yang senantiasa siap membantu Kabupaten Rokan Hilir serta Kabupaten Kota yang lainnya," ungkap Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan UR ini mengakhiri. **Adv/Jar
Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved