DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Jalan Rusak, Masyarakat Kenegerian Pangkalan Kapas Kampar Mulai Risau Kebutuhan Pangan

Editor :Rio Ahmad Jumat,18 November 2016 | 19:00:36 WIB
Jalan Rusak, Masyarakat Kenegerian Pangkalan Kapas Kampar Mulai Risau Kebutuhan Pangan Ket Foto : ilustrasi

PELITARIAU, Kampar - Empat desa yang ada di Kenegerian Pangkalan Kapas Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar yang terdiri dari Desa Lubuk Bigau, Kebun Tinggi, Tanjung Permai dan Pangkalan Kapas apabila musim hujan tiba masyarakatnya mengalami kesulitan transportasi.

Dari informasi yang dirangkum, Jum'at (18/11/2016) pagi hingga siang ini, masyarakat kembali di sulitkan melewati jalan menuju Kenegerian Pangkalan Kapas karena musim hujan tahun ini.

Sejak dari pertengahan bulan Oktober 2016 lalu, curah hujan tergolong tinggi di Kenegerian Pangkalan Kapas. Sehingga akses jalan satu-satunya menuju kampung tersebut kembali terisolasi.

Saat ini masyarakat sudah mulai risau akan pasokan kebutuhan pangan yang biasanya di beli dari luar desa. Kemudian saat ini juga sulit membawa hasil pertanian masyarakat ke luar desa untuk dipasarkan.

Truk yang biasanya mengangkut karet hasil pertanian warga setempat tidak bisa beroperasi akibat kondisi jalan yang sudah rusak parah karena hujan. Kalaupun dipaksakan, bisa memakan waktu berminggu-minggu untuk sampai ke Kelurahan Lipat Kain atau tempat biasanya karet dijual. Bahkan untuk menempuh jarak delapan (8) kilo meter saja menghabiskan waktu tiga (3) sampai tujuh (7) hari.

"Dari Desa Lubuk Bigau ke Dusun Sialang Pakyo Desa Batu Sasak kemaren kendaraan pedagang membutuhkan waktu tiga (3) hari untuk menempuhnya," ungkap Dedek (29) saat dihubungi melalui telepon seluler warga Desa Kebun Tinggi, Jum’at (18/11/2016).

"Jika musim hujan terus berlanjut sampai beberapa hari kedepan, jelas akan terjadi lagi rawan pangan di empat (4) desa Kenegerian Pangkalan Kapas seperti tahun-tahun sebelumnya. Atau jika terjadi lagi banjir dan longsor, maka juga akan terisolasi lagi sampai berbulan bulan seperti awal tahun 2016 kemarin. Kami sangat berharap pemerintah Propinsi Riau, khususnya Kabupaten Kampar tanggap akan hal ini," kata Dedek penuh harapan.

Desa Lubuk Bigau terletak pada titik koordinat : S 00°03’33,4” E 100°48’37,6” dan Dusun Sialang Pakyo terletak pada titik koordinat S 00°00’48,8” E 100°49’55,0”. Sedangkan jarak tempuh antaranya adalah lebih kurang delapan (8) kilo meter.

Kenegerian Pangkalan Kapas ini termasuk di Kecamatan Kampar Kiri Hulu yang terdiri dari empat (4) desa yaitu Desa Lubuk Bigau, Kebun Tinggi, Tanjung Permai dan Pangkalan Kapas.
Empat (4) desa di Kenegerian Pangkalan Kapas tergolong sangat tertinggal menurut data statistik Kabupaten Kampar Tahun 2015.

Salah satu bentuk ketertinggalan yang paling menyulitkan masyarakat disana adalah infrastruktur jalan.  
Akses satu-satunya menuju Kenegerian Pangkalan Kapas masih jalan tanah yang terjal, curam, berlobang dan berlumpur. Namun pada kenyataan nya, hingga saat ini masalah yang telah di ketahui semua pihak itu seakan tidak ada yang mau peduli. Sehingga kondisi itu menjadi kesulitan dari tahun ke tahun bagi masyarakat empat (4) desa Kenegerian Pangkalan Kapas setiap kali turun hujan.***(sk/prc)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved