DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Gubernur Riau Buka Festival Maawuo Danau Bokuok

Editor :Rio Ahmad Minggu,13 November 2016 | 18:00:47 WIB
Gubernur Riau Buka Festival Maawuo Danau Bokuok Ket Foto : Suasana festival maawuo danau bokuok

PELITARIAU, Kampar - Gubernur Riau H Arsyadjuliandi Rahman membuka Festival Maawuo Danau Bokuok di Desa Aur Sati, Kecamatan Tambang, Minggu (13/11).

Dalam sambutannya Gubri menyampaikan,  kegiataan ini adalah salah satu potensi wisata yang masih tersimpan di Kabupaten Kampar.  Gubri menilai festival ini belum tergali dan terkelola dengan baik. "Belum diangkat serius ke tingkat provinsi," ucap pria yang akrab disapa Andi Rahman itu.

Menurut Andi, apabila disusun betul dengan baik maka tak kalah dengan kegiatan pariwisata lainnya di Riau dan nasional. "Insya Allah Pemerintah mendukung," katanya.

"Kalau sepakat semuanya kita atur lebih baik lagi. Saya tadi terkejut ramai, tak kalah dengan tempat lain yang saya kunjungi di tempat lain. Tak kurang sepuluh ribu masyarakat hadir," bebernya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemprov Riau telah membangun balai adat dan bantuan lain di area Danau Bokuok. Ini sebagai bentuk komitmen Pemprov Riau memajukan pariwisata

Kegiatan ini juga menumbuhkan ekonomi masyarakat. Pemerintah juga akan menganggarkan dana untuk menata lingkungan ini dengan baik dan menjadi tempat wisata terbaik di Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini harus sejalan dengan Pemerintah Pusat. Sektor pariwisata diharapkan menyumbangkan dana yang cukup besar kepada negara. "Kita bisa mengikuti keinginan pemerintah pusat apabila ini ditata dengan baik," ulasnya.

Gubri juga minta dukungan ninik mamak dan tokoh masyarakat. Akan buat turap dan perbaiki jalan. "Jangan kalah dengan XIII Koto Kampar. XIII Koto Kampar sekarang sudah terkenal di mana-mana," kata pria yang juga Ketua DPD Golkar Provinsi Riau ini.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Nazaruddin dalam sambutannya menyampaikan, festival ini adalah berkat bantuan uluran tangan Pemprov Riau melalui SKPD Pariwisata. Masyarakat sangat berharap acara ini dilaksanakan secara berkelanjutan dan mendapat bantuan pemerintah daerah.

Dikatakan, Pemprov Riau juga telah membantu pembangunan balai adat dan rumah adat, calempong dan gong calempong juga bantuan dari Pemprov Riau. "Alhamdulillah untuk acara ini kita mendapatkan dana Rp 1 miliar dari Pemprov Riau," beber Nazaruddin.

Ia menjelaskan, festival Maawuo Danau Bokuok diramaikan dengan berbagai kegiatan. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 6 sampai dengan 19 November 2016. Pada tanggal 6-10 November 2016 digelar Festival Kesenian Daerah antar kecamatan se-Kabupaten Kampar dan pertandingan bola voli antar klub se-Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru dan tanggal 11-16 November 2016 dilaksanakan Pacu Dayung Sampan antar kecamatan se-Kabupaten Kampar. (hms/r 19)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved