DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hindari Menelepon Selama 15 Menit Tanpa Henti, Bahaya loh...

Editor :Rio Ahmad Jumat,11 November 2016 | 06:27:54 WIB
Hindari Menelepon Selama 15 Menit Tanpa Henti, Bahaya loh... Ket Foto : ilustrasi

PELITARIAU.com - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, menelepon terlalu lama bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Hal ini terbukti melalui studi yang dilakukan spesialis tulang belakang di Qi Spine Clinic, dr. Meenakshi Sharma.

Menurut dr. Meenakshi, menelepon selama 15 menit tanpa istirahat bisa menyebabkan risiko mulai dari sakit leher, pundak dan tulang belakang. Ini disebabkan oleh berat kepala sekitar 4—5 kilogram dan gaya menelepon yang memiringkan kepala 15 derajat membuat leher menahan beban berkali lipat dari berat kepala sesungguhnya.

Dilansir dari Thehealthsite, jika beban leher terlalu berat, mengakibatkan ketegangan konstan. Parahnya, jika kebiasaan ini dilakukan secara terus menerus juga bisa memicu tulang leher melengkung dan penyempitan pembuluh darah.

Karena itu, dr Meenakshi pun menyarankan agar penggunaan ponsel dihentikan setiap 10-15 menit sekali. Istirahatkan juga leher jika sudah menggunakan ponsel dengan waktu lama. Anda bisa beristirahat setiap 30 menit sekali. Salain itu, untuk mengurangi risiko tersebut, Anda juga bisa menggunakan earphone.

Menurut dr Meenakshi, penggunaan earphone tak membuat Anda memiringkan kepala saat menelepon. Sementara untuk posisi tubuh, dianjurkan dalam posisi duduk tegak dengan kepala sejajar layar ponsel. Cara ini dipercaya bisa mencegah terjadinya sakit leher.

Jangan paksakan diri jika Anda sudah merasa tidak enak. Jika mata sudah terasa tidak nyaman, istirahat selama 10—15 menit. Selanjutnya regangkan leher, pundak, dan belikat agar tubuh lebih rileks.***(r 19)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved